Kompolnas RI Kunker ke Polres Pasbar

oleh -826 views
oleh
826 views
Dawam, Komisioner Kompolnas RI tengah meninjau Polres Pasbar, Kamis 7/3-2024. (jonhar)

Pasbar,—Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia (Kompolnas RI) bertugas mengawasi dan mengevaluasi kinerja Polri. Untuk tepat sasaran kemarin Kopolnas melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Polres Pasaman Barat. Kamis 7/3-2024

Kompolnas RI di Pasbar langsung diterima langsung oleh Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik.

Kunjungan kerja dilakukan oleh Komisioner Kompolnas H. Mohammad Dawam, SH.I, MH selaku ketua tim bersama Kabag Hukum Informasi dan Komunikasi Sekretariat Kombes Pol Joko Purwanto, S.Ik, SH, dan staf Set Kompolnas Rizal Permana serta didampingi juga dari tim Itwasda Polda Sumbar.

Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka mengetahui situasi Kabupaten Pasaman Barat pasca pelaksanaan Pemilu dan dalam rangka pengumpulan data SDM, anggaran, Sarpras dan Operasional Polri serta Anev pengamanan Pemilu serentak tahun 2024 di wilayah hukum Polda Sumatera Barat.

“Kami bersama para PJU Polres Pasaman Barat mengucapkan selamat datang kepada Ketua tim beserta anggota dari Kompolnas RI, dan kami mengucapkan terimakasih atas saran dan masukan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta pemeliharaan kamtibmas di wilayah hukum Polres Pasaman Barat,” ungkap Kapolres.

Sementara itu, Komisioner Kompolnas H. Mohammad Dawam, S.H.I., M.H mengatakan, Kompolnas merupakan mitra Polri untuk melaksanakan pengawasan fungsional yang dilakukan dengan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integritas anggota dan pejabat Polri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Kompolnas bekerja dengan mengumpulkan dan menganalisis data sebagai bahan pemberian saran kepada Presiden. Saran yang diberikan oleh Kompolnas berkaitan dengan anggaran Polri, pengembangan sumber daya Polri dan pengembangan sarana dan prasarana Polri, dalam upaya mewujudkan Polri yang profesional dan mandiri,” ungkapnya

Setelah menggelar pertemuan di aula Bhayangkara Polres Pasaman Barat, tim dari Kompolnas melakukan pengecekan tempat Pelayanan SPKT, SKCK dan gedung SATPAS Sat Lantas Polres Pasaman Barat.

“Dalam kegiatan ini kami juga mengecek dan meninjau ruang pelayanan di ruang pelayanan SPKT, ruang pelayanan SKCK dan gedung SATPAS Sat Lantas Polres Pasaman Barat, oleh karena itu kami menitipkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, agar kehadiran Polisi benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” ungkap Dawam.

Selain itu, Ketua Tim dari Kompolnas juga menyoroti terkait penanganan dan upaya pemberantasan peredaran Narkotika yang dilakukan oleh jajaran Polres Pasaman Barat, ia meminta pengungkapan Narkotika agar lebih dimaksimalkan tanpa tebang pilih.

“Kami juga akan berkoordinasi dengan Stakeholder terkait seperti BNN Provinsi Sumatera Barat guna menyisir pelaku tindak pidana Narkoba khususnya bandar Narkoba dalam upaya pemberantasan yang lebih maksimal,” jelas Dawam yang pernah menjadi Komisioner Komisi Informasi DKI Jakarta. (jonhar)