Kota Padang Tuan Rumah HKBN 2024, Siapkan “Blue Line Safe Tsunami Zone”

oleh -317 views
oleh
317 views
Rapat koordinasi lintas OPD persiapan HKBN di Palanta Rumdis Wako Padang, Rabu, (3/4/2024). (/ist)

Padang, – Pemerintah Kota Padang mempersiapkan “Blue Line Safe Tsunami Zone” saat menjadi tuan rumah Hari Kesiapsiagaaan Bencana Nasional (HKBN) 2024 pada 26 April nanti.

Dalam rapat koordinasi lintas OPD persiapan HKBN di Palanta Rumdis Wako Padang, Rabu, (3/4/2024) Sekda Kota Padang Andree Algamar mengatakan saat ini hampir di tiap jalur arah Timur Kota Padang terdapat ‘Blue Line Tsunami Safe Zone’.

Batas itu menjadi acuan bagi masyarakat saat melakukan evakuasi diri ketika terjadi gempa berpotensi tsunami. Ia juga mengatakan, Kota Padang merupakan satu-satunya kota di Indonesia yang menerapkan zona aman tsunami.

Saat ini, zona aman tsunami itu menjadi acuan bagi masyarakat kota ketika menyelamatkan diri saat terjadi bencana gempa.

“Sarana dan prasana harus dipersipkan sebagai tuan rumah puncak Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Padang,” tutur Andree yang didampingi Kalaksa BPBD Kota Padang Hendri Zulviton.

Pihaknya mengajak masyarakat Kota Padang untuk memanfaatkan peringatan HKBN yang masih dalam suasana lebaran tersebut untuk memperkuat lagi silaturahmi.

Semangat peringatan HKBN perlu keterlibatan dan partisipasi semua pihak. Di sisi lain, upaya penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan secara sentralistik, harus berbasis komunitas.

“Masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemko Padang diharapkan untuk menyusun dan menyiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) bencana. Sehingga nanti ketika terjadi bencana, semua warga dapat menyelamatkan diri ke tempat yang telah ditetapkan sesuai SOP yang ada,” tutup Andree. (/ist)