Kota Pariaman 19 Tahun, Is Prima Nanda: Cimeeh Piaman itu Sikap Kritis Masyarakat

oleh -186 views
Akademisi senior Fakultas Teknik Unand yang juga Tokoh Rang Piaman Is Prima Nanda sebut cimeeh adalah kritikan, paripurna istimewa DPRD, Jumat 2/7-2021. (foto: dok/fen)

Pariaman,—Tokoh masyarakat Piaman DR. Ir. Is Prima Nanda, MT Dt. Rangkayo Ganto Suaro mengatakan, duet Genius Umar-Mardison Mahyudin telah berhasil mengantarkan Kota Pariaman menjadi destinasi wisata yang makin berkilau, disenangi dan selalu dirindukan wisatawan.

“Keindahan pantai, kuliner yang enak, atraksi Tabuik, dan hasil kerajinan yang beraneka ragam telah menjadikan Kota Pariaman buah bibir di dunia maya dan dunia nyata,”ujar Is Prima Nanda yang didaulat menyampaikan sambutan di depan Sidang Paripurna Istimewa DPRD memperingati HUT ke-19 Kota Pariaman, Jum’at 2/7-2021.

Menurut Doktor Teknik Metalurgi jebolan Universitas Indonesia ini, Pemkan dipimpin duet Genius Umar-Mardison Mahyudin ini juga menggelar banyak iven yang menjadi daya tarik pengunjung ke Pariaman, seperti Festival Layang Layang Internasional, Festival Bahari, Roller Skater Competition, Pariaman Kreatif Expo, Pariaman Culture Every Week, Festival Tambua dan Festival 1000 Tari Indang.

“Kita harapkan festival ini juga diperhatikan kualitasnya. Sehingga tidak saja sering diadakan iven tetapi hendaknya juga merupakan pertunjukan yang memiliki mutu,” ujar Is Prima Nanda, putra sulung Alm Zainal Bakar mantan Gubernur Sumatera Barat.

Terkait budaya cime’eh (lebih keras dari bully,-red) yang ada di Piaman (Pariaman) dalam pandangan Is Prima Nanda, adalah sebagai bentuk sikap kritis dari masyarakat. Harus disikapi dan sirespon secara positif dan hendaknya dijadikan pelecut.

“Jadi kalau ada pejabat yang dicime’eh masyarakat di Pariaman, itu artinya masyarakat sayang kepada pejabat itu,” kata Is Prima Nanda, yang sehari-hari dosen senior di Fakultas Teknik Universitas Andalas.

Peringatan HUT Kota Pariaman ke-19 berlangsung dalam Sidang Paripurna DPRD Kota Pariaman secara langsung dan daring. Khusus di ruang sidang DPRD dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Sidang dipimpin Ketua DPRD Fitri Nora disampingi Wakil Ketua Mulyadi. Hadir langsung Walikota Pariaman Dr. Genius Umar dan Wakil Walikota Drs. Mardison Mahyudin, Forkopimda, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, Wakil Walikota Pekanbaru, Utusan Walikota Padang Drs. Tarmizi, MM., Mantan Walikota Pariaman Mahyudin, Sekretaris PKDP Sumbar Gusfen Khairul, aktivis pejuang pendirian Kota Pariaman Ir. Alfadila Hasan, Zarhasmi Andi, perantau PKDP Pekanbaru Tambi, Camat dan beberapa Kepala Desa. (own/gf)