KPN Disdikbud Tanah Datar Raup SHU Rp2,22 Miliar

oleh -104 views
Suasana Rapat Anggota Tahunan KPN Disdikbud Tanah Datar.

Batusangkar, — Koperasi Pegawai Negeri (KPN) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Datar berhasil meraup sisa hasil usaha (SHU) pada 2018 sebesar Rp. 2,22 miliar.

“Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar Rp2,189 miliar,” kata Ketua I KPN Disdikbud Tanah Datar Bahrul Bahar dalam laporannya pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2018 di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar, Kamis 21/3.

Bahrul menyebut tujuan pelaksanaan RATini untuk memberikan laporan kepada anggota kegiatan yang telah dilaksanakan serta untuk menerima masukan dari anggota demi kemajuan koperasi ke depan.

“Jika ada kemajuan koperasi, itu adalah berkat kerjasama pembina, pengawas serta anggota dengan pengurus, tetapi jika ada harapan anggota yang belum tercapai, itu semata-mata kelemahan para pengurus,” kata Bahrul.

Sementara, Kepala Dinas Dikbud Tanah Datar Riswandi selaku pembina memberikan aspresiasi terhadap pengurus dan anggota yang telah berhasil mengembangkan koperasi ini dari tahun ke tahun, sementara pada institusi lain ada koperasi yang tidak sehat atau bermasalah.

“Keberhasilan ini merupakan kerja keras yang luar biasa dan harus ditingkatkan setiap tahunnya agar koperasi memberikan manfaat lebih besar bagi anggota,” tutur Riswandi.

Ia minta anggota agar tetap disiplin dan tetap taat terhadap aturan yang telah disepakati bersama. Demikian juga pengurus harus tetap komit dalam mengurus koperasi ini agar tidak terjadi seperti yang dialami oleh koperasi lainnya.

Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Tanah Datar Basrizal Datuk Panghulu Basa mengatakan koperasi yang baik dan sehat adalah koperasi yang mau mengeluarkan biaya untuk diaudit oleh auditor yang profesional di bidangnya.

“Jangan ragu mengeluarkan biaya puluhan juta rupiah untuk auditor, jika ingin menyelamatkan aset koperasi yang sudah mencapai miliaran rupiah,” kata Basrizal. (fantau)