Kubu Gadang, Kampung KB Kaya Prestasi

287
Teks foto: Anggota Komisi IX DPR RI, Suir Syam menyerahkan hadiah sepeda kepada warga Ekor Lubuk yang mendapatkan doorprize pada acara Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja, Sabtu (11/11)

 

Padang Panjang,—Sebagai Kampung KB pertama yang berdiri di Kota Padang Panjang, Kubu Gadang telah menorehkan beragam prestasi. Diresmikan pada medio 2016 lalu, Kampung KB yang berada di Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur ini menjadi kebanggaan kota Serambi Mekkah.

Selama 2017 ini saja, wilayah Kubu Gadang dan putra putri asal daerah itu, merajai lomba tingkat nasional. “Informasi terbaru, Ekor Lubuk khususnya Kubu Gadang terpilih sebagai juara nasional Lomba Desa Aman Pangan yang diselenggarakan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, yang hadiahnya Insyaa Allah diserahkan pada 16 November mendatang,” ungkap Camat Padang Panjang Timur, Doni Rahman SPdI di acara Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja yang diadakan di Kubu Gadang, Sabtu (11/11).

Tidak hanya itu, medio Oktober 2017 lalu, Duta Genre Kota Padang Panjang dari Kubu Gadang, Zikril Husna terpilih juara nasional Duta Genre Jalur Masyarakat (non pendidikan), mengalahkan remaja-remaja dari provinsi lainnya se-Indonesia yang diselenggarakan BKKBN pusat di Kota Padang Panjang.

Zikril Husna adalah pengurus Pusat Informasi Konsuling Remaja (PIK-R) Palatiang Saiyo Kubu Gadang yang merupakan bagian dari kegiatan kesehatan reproduksi remaja yang menjadi salah satu fokus program BKKBN.

Beberapa hari sebelumnya, di bulan yang sama, satu lagi putri Kubu Gadang, Yuliza Zein menjadi Pemuda Pelopor Sumatera Barat bidang pariwisata, terpilih sebagai juara II nasional. Yuliza yang juga pengurus Kampung KB Kubu Gadang, di samping mendapat juara, juga dianugerahi seorang putra karena melahirkan beberapa saat setelah mengikuti lomba tersebut. Sang anak diberi nama Imam Nahrowi, yang diberikan nama yang sama oleh Menpora Imam Nahrowi.

Anggota Komisi IX DPR RI, dr Suir Syam MKes MMR, yang hadir di acara Integrasi Kampung KB Bersama Mitra Kerja tersebut, mengapresiasi raihan prestasi yang didapat Kubu Gadang. Dia menyebutkan, selain prestasi-prestasi itu, sebenarnya Kubu Gadang juga terkenal di dunia persilatan internasional karena memiliki tokoh silat wanita, Inyiak Palatiang yang sudah wafat beberapa tahun lalu. Peninggalan silat tuo warisan Inyiak Palatiang ini, dijadikan warga Kubu Gadang sebagai iven wisata dengan mengemasnya menjadi atraksi silek lanyah yang menjadi primadona tontonan wisatawan domestik dan mancanegara ketika berkunjung ke Kubu Gadang. Sekadar untuk diketahui, selain menjadi Kampung KB, Kubu Gadang juga merupakan Kampung Wisata Kota Padang Panjang.

“Saya berharap, dengan berbagai prestasi Kubu Gadang ini, masyarakat dapat memanfaatkannya dalam mengangkat perekonomian mereka,” sebut Suir Syam.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPKBP3A) Kota Padang Panjang, Martoni SSos MSi menyebutkan, keberhasilan Kubu Gadang ini sungguh menginspirasi untuk dapat diikuti oleh kelurahan lainnya. Oleh karena itu, pihaknya menargetkan pada 2018 akan ada tambahan 3 kampung KB lagi di Padang Panjang, sehingga menjadi 6 Kampung KB. Dan pada 2019, seluruh kelurahan yang ada di Kota Padang Panjang sebanyak 16 kelurahan, sudah menjadi kampung KB semuanya.

“Saat ini, kita baru punya 3 kampung KB. Selain Kubu Gadang yang diresmikan pada 2016, juga ada Koto Katik dan Tanah Hitam yang sama-sama dicanangkan pada 8 Agustus 2017 lalu,” ungkap Martoni. (relis)

BAGIKAN