Kursi DPD 2024 Makin Ketat, Budayawan Dukung YM Jack Chaidir

oleh -255 views
YM Jack Chadiri didukung budayawan dan tungku tigo sajarangan dan tali tigo sapilin ranah minang manu Calon DPD RI. (dok)

Jack Chaidir: Butuh Senator Penjaga Adat Minangkabau di DPD RI

Padang, —-Ketat dan sebentar lagi makin tajam perebutan empat kursi DPD RI Pemilu 14 Februari 2024 daerah pemilihan Sumbar.

Mulai calon incumbent (Anggota DPD RI saat ini,-red), Ada lagi tokoh publik seperti Wahyu Iramana Putra, Nurkhalis, Wakil Ketua Komisi Informasi Sumbar Arif Yumardi dan ada tokoh budayawan dan didukung oleh kaum adat dan budayawan Sumbar maju ke DPD RI Yarma Desita Jack Chaidir (YM Jack Chaidir).

Arus dukungan kalangan budayawan ke Jack Chaidir karena melihat dari pandangan dan program Jack Chaidir maju ke jalur DPD RI pada Pemilu 2024.

Ketua FPKM Sumbar ini menegaskan bahwa Sumbar harus punya Wakil daerah di DPD untuk mengawal dan menjaga nilai budaya ranah minangkabau.

“Saya siap maju DPD RI untuk. siap menjadi penjaga nilai luhur dari adat dan budaya Minangkabau ini,” ujar YM Jack Chaidir dihadapan tokoh budayawan di FPKM Sumbar, Minggu 6/2-2022.

Bahkan YM Jack Chaidir juga mendulang support dari Tigo Tungku Sajarangan atau Tigo Tali Sapilin.

Unsur Ninik Mamak, Cadiek Pandai dan Alim Ulama di Minangkabau juga memberi dukungan Jack Chaidir menuju gedung Senator RI di Senayan Jakarta.

Kata Jack Chaidir, perlu anggota DPD RI Sumbar ke depan diwakili tokoh yang Peduli Ke Adat Budaya Minangkabau.

“Tidak peduli sesaat, saat butuh suara peduli, sudah terpilih bertemu aja budayawan sulit, hehehe,” ujar YM Jack Chaidir.

Selain itu nama Jack Chaidir menguat minggu ini sebagai calon DPD RI karena adanya program hebat ditawarkannya yaitu soal RU Hukum Adat.

“Perlu Anggota DPD RI dari Sumbar ke depan untuk bisa memperhatikan RUU Hukum Adat yang akan masuk Proleknas DPR RI

yang selama ini belum tersentuh oleh elit elit Politik Sumbar di Pusat bahwa RUU HUKUM ADAT sebelum di Syahkan di DPR RI,”ujar Jack Chaidir.

Terus soal minimnya perhatian Pemprov Sumbar dan DPRD SUMBAR, Angota DPR RI serta DPD RI dari Dapil Sumbar tentang perhatian terkikis nya Budaya Minangkabau saat ini.

“Nyaris tidak ada kepedulian pejabat di semua tingkatan di Sumbar ini terhadap Pelestarian Adat Budaya Minangkabau serta tidak adanya program-program untukmentransformasi adat Budaya Minangkabau Ke Geberasi Muda Minangkabau saat ini. Ini yang membuat saya Jack Chaidir siap berdarah-darah merebut satu dari empat kursi DPD RI dari Sumbar,” ujar YM Jack Chaidir. (adt)