Lafaz Ayat Suci Bergema, Rektor Unand Buka MTQ Mahasiswa 2021

oleh -190 views
Rektor Unand Prof. Yuliandri menyerahkan piala bergilir MTQ Mahasiswa Unand 2021 kepada WR3 Ir. Insannul Kamil disaksikan oleh ketua panitia Dr. Dedy Almasdy WD3 Fakultas Farmasi, tanda dibukanya MTQ Mahasiswa Unand 2021, Senin 1/3 (foto; dok/und3)

Padang,—Rektor Universitas Andalas (Unand) Prof. Dr. Yuliandri, S.H., M.H. hari ini Senin, 1/3 di Studio Kreativitas Mahasiswa Gedung PKM membuka Musabaqah Tilawatil Qurán (MTQ) Mahasiswa Universitas Andalas tahun 2021.

Prof. Yuliandri, SH, MH menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini merupakan momentum di awal tahun dan menjadi awal dari semua kegiatan kompetisi mahasiswa di Unand dan diharapkan MTQ Unand dapat berlangsung secara sempurna dan sukses.

“Kegiatan MTQ ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan UNAND dengan esensi merupakan suatu kegiatan utama di Unand sebagai wujud syiar Islam dan semangat mahasiswa dalam mengamalkan syariat Islam di bumi kampus Universitas Andalas. Selain itu diharapkan terciptanya mahasiswa yang memiliki akhlak mulia, kreatif dan inovatif yang dapat diwujudkan dalam mendalami nilai-nilai Al-Quran,”ujar Prof Yuliandri.

Prof. Yuliandri mengatakan pada seleksi masuk mahasiswa baru tahun 2020 Unand telah menerima jalur khusus mahasiswa yang punya prestasi unggul Hafiz Al-Quran.

Rektor membuka secara resmi MTQ Mahasiswa Unand tahun 2021 dengan harapan pemahaman mahasiswa terhadap kandungan Al-Qurán menjadi terwujud dan terus meningkat selama menyelesaikan studi.

Wakil Rektor III Ir. Insannul Kamil, M.Eng., Ph.D mengatakan MTQ Mahasiswa Unand ini dilakukan juga sebagai ajang untuk menjaring dan menemukan bibit unggul mahasiswa UNAND dalam rangka persiapan menuju MTQ Mahasiswa tingkat nasional.

“Kita ingin menjaring mahasiswa hafis Alquran untuk disiapkan menjadi wakil Unand pada MTQ Mahasiswa tingkat Nasional,” ujar Insannul.

Pada MTQ Mahasiswa tahun 2021 yang diadakan tanggal 1-8 Maret 2021 ini dipertandingkan sebanyak 10 cabang yaitu : Musabaqah Tilawatil Qur’an; Musabaqah Tartilil Qur’an; Musabaqah Hifzhil Qur’an; Musabaqah Fahmil Qur’an; Musabaqah Syarhil Qur’an; Musabaqah Khaththil Qur’an; Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an; Desain Aplikasi Al-Qur’an; Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an Bahasa Inggris dan Debat Ilmiah Kandungan Al-Qur’an Bahasa Arab.(own)