Lagi Fadly Amran Berikan Fakta, Padang Panjang Teratas soal Literssi dan Numerasi se Sumbar

oleh -61 views
Beginilah Wako Fadly Amran berinteraksi dan memotivasi siswa SD hingga SMP di Padang Panjang, hasilnya kota ini teratas nilai literasi dan mumerasinya, Kamis 8/12-2022. (des)

Padang Panjang  — Kerja pemimpin hebat itu adalah fakta dan diapresiasi pihak lain, itu dibuktikan Walikota Padang Panjang Fadly Amran yang sarat prestasi dan melimpah apresiasi.

Terbaru yaitu, berdasarkan rapor pendidikan yang dikeluarkan Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Sumatera Barat, Kota Padang Panjang meraih posisi puncak dalam literasi serta numerasi SD dan SMP berdasarkan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di antara 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

Fadly Amran melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Drs. M. Ali Thabrani, M.Pd, Kamis 8/12-2022 menjelaskan, Padang Panjang menempati urutan pertama atas capaian kemampuan literasi SD berdasarkan ANBK 2021.

“Selain itu, untuk capaian numerasi SD, Padang Panjang juga berada di urutan pertama,” tuturnya.

Di samping itu, jelasnya lagi, Padang Panjang kembali jadi urutan pertama dalam capaian kemampuan literasi, capaian karakter jenjang serta capaian iklim kebhinekaan SMP. Dan, urutan dua dalam capaian numerasi SMP berdasarkan ANBK tersebut.

Dijelaskannya, dalam rapor pendidikan tersebut ada beberapa kategori capaian. Namun yang menonjol berada pada capaian literasi dan numerasi.

“Allhamdulillah Padang Panjang berdasarkan rapor ini, rata-rata mendapat nilai yang sangat baik. Tahun 2021 merupakan penerapan ANBK yang pertama Kalau dulu namanya Ujian Nasional (UN). Sedangkan untuk hasil ANBK 2022 ini belum keluar, karena baru diuji,” jelasnya.

Pihaknya berharap tahun berikutnya, Padang Panjang mendapatkan hasil yang lebih baik lagi dari hasil 2021 ini.

“Rapor pendidikan ini menunjukan kualitas pendidikan kita di Padang Panjang sudah merata di tingkat SD dan SMP. Tidak lagi dua atau tiga sekolah saja yang dikenal selama ini banyak berprestasi untuk Kota Padang Panjang,” tambahnya. (des)