Lahan RPH Disediakan, Wamentan: Kita Pelajari dan Insya Allah Dieksekusi 2023

oleh -29 views
Wamentan RI Harvick tinjau lokasi lahan RPH yang disiapkan Walikota Pariaman Genius Umar, Selasa 29/11-2022.(dok)

Pariaman,— Walikota Pariaman Genius Umar tak sia-siakan kehadiran Wakil.menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi ke Kota Pariaman Selasa 20/11-2022.

Genius asal untuk pembangunan Pariaman siap pasang badan dan siap melobi siapa saja petinggi pusat, kehadiran Wamentan pun jadi momen bagi Walikota Pariaman Genius Umar menyerahkan proposal pembangunan Rumah Potong Hewan (RPH).

“Ini lahan, kita siapkan untuk RPH pak Wamen, Desa Taluak namanya di  Kecamatan Pariaman Selatan,” ujar Genius saat Wamentan kunjungi lokasi Rumah Potong Hewan Kota Pariaman.

Walikota Pariaman, Genius Umar memaparkan bahwa meskipun wilayahnya adalah kota namun 65 persen penduduknya hidup dari pertanian.

“Sehingga sektor pertanian menjadi penyangga utama perekonomian di Kota Pariaman. Kami memerlukan dukungan dan bantuan dari pemerintah pusat untuk berbagai hal dibidang pertanian dan peternakan, salah satunya pembangunan RPH. Oleh sebab itu saya serahkan langsung proposal pembangunan RPH yang lokasinya akan ditinjau pak Wamen,” ujar Genius Umar di Balairung Walikota Pariaman.

Untuk RPH Genius Umar sudah sediakan lahan seluas 1,1 hektare di Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan. RPH ini sangat penting untuk menunjang perekonomian masyarakat khususnya bidang pertanian. Apalagi, lanjutnya pertanian merupakan salah satu penopang perekonomian kota ini.

Genius Umar berharap kedatangan Wamentan ke Pariaman maka permintaan pembangunan RPH dapat terealisasi  2023.

Sementara itu, Wamentan RI, Harvick Hasnul Qolbi mengatakan pihaknya sudah menerima proposal pembangunan RPH tersebut dari Walikota Pariaman.

“Kementan terus mendorong sektor pertanian di Indonesia, dan pertanian di Kota Pariaman ternyata mampu tumbuh dengan baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakatnya. Dan menurut laporan dari walikota tadi bahwa Kota Pariaman hasil pertaniannya mampu surplus,”ujar Harvick.

Untuk  selanjutnya kata Wamentan pihaknya akan mendorong terus pertanian di Kota Pariaman sehingga betul-betul menjadi penopang ekonomi masyarakatnya.

“Proposal telah kami terima mudah-mudahan kita eksekusi 2023,”ujar Harvick fi jamuan makan siang di Balaitung Walikota Pariaman. (adr)