Lapau di Padang Sunyi Ulah Gadget

oleh -673 views
Kodisi kadai di Padang ota lapau bergeser menjadi ota di media sosial dan orang di lapau lebih banyak manakua (menunduk), kadai Da An Pramuka Padang, Senin 6/11. (foto: romel)
Kodisi kadai di Padang ota lapau bergeser menjadi ota di media sosial dan orang di lapau lebih banyak manakua (menunduk), kadai Da An Pramuka Padang, Senin 6/11. (foto: romel)

Padang,—-Ada pergeseran prilaku orang padang sekarang karena makin meruyaknya penggunaan gadget, akibatnya orang di kedai (lapau) memilih menengok gadget, asyik di dunia maya ketimbang maota (ngobrol) berapi-api sambik minum teh telur atau kopi.

Pergeseran prilaku orang padang saat di lapau itu terlepas sadar atau tidak kita sadari kemajuan teknologi yang bernama  gadget terutama HP, Tablet atau sejenisnya tidak bisa di jauhkan dari kehidupan sehari-hari.

Ini terjadi disalah satu kadai/lapai (warung) didepan salah satu kantor instansi vertikal di Padang, Sumatera Barat Senin, (6/11).

Biasanya, kedai tempat sarapan atau minum pagi itu di kedai atau lapai Da An banyak cerita atau ota lapau.

Yang membuat orang yang mampir saja bisa tertawa, tetapi suasana Senin pagi tadi berbeda dengan beberapa tahun lalu. Suasana membisu dan hening karena manakua (melihat kebawah) untuk sekedar membaca portal online atau sekedar membuka sosial media lainya.

“Jangankan sehari, kalau dihitung menurut waktu atau jam sehari saja tidak menggunakan HP atau tablet  bisa-bisa  mood rusak. sebenarnya kegunanaan gadget ini sangat bermanfaat untuk melihat dunia secara utuh dan berbabgai informasi tersedia di dalamnya,” Zulparman alias Maker

Jadi mulai sekarang kawan-kawan yang mengunakan gadged atau smartphone   cobalah membiasakan diri, mengistirahatkan diri dari smartphone atau gadged.

“karena apa ? Karena, penggunaan smartphone atau gadged berlebihan dikatakan mampu mempengaruhi kesehatan psikologis seseorang dan berpengaruh besar pada kesehatan otak yang dikutip dari laman daillymail.uk.com.

Menurut penggiat media sosial, bergesernya pola ota lapau pindah ke ota media sosial sesuatu yang tidak bisa dihadang.

“Kelebihan ota (ngobrol) di media sosial tanpa batas, baik teritorial daerah maupun waktu, mungkin tidur saja tidak mai gadget ini,” ujar Adrian toaik panyalai. (romel)