Laporan Kinerja PDB Kota Pariaman Melalui Aplikasi SIMDERI

oleh -116 views
oleh
116 views
Hendri, Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman.(doc)

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas PMDes Kota Pariaman, Hendri kepada tim peliput Media Center Kominfo Kota Pariaman, Sabtu (17/9).

Sebelumnya, Pemko Pariaman telah membentuk tenaga PDB yang digaji langsung dari anggaran APBD Kota Pariaman. Program satu desa satu pendamping ini merupakan yang pertama di indonesia, dimana untuk menutupi kekurangan tenaga pendamping desa yang ditunjuk oleh Kementerian PDTT.

Hendri menyebutkan, sebanyak 43 orang PDB dan 3 orang koordinatornya yang ditugaskan ke masing-masing desa telah menggunakan aplikasi ini.

“Dengan adanya aplikasi ini, memudahkan kita dalam mengontrol absensi dan apa saja yang dikerjakan oleh PDB di desa setempat melalui laporan hariannya masing-masing,” ujarnya.

Mantan Kadis Kominfo Kota Pariaman ini menuturkan, aplikasi ini telah digunakan sejak bulan September 2021 hingga sekarang. Dari aplikasi ini kita bisa melihat apa saja permasalahan yang ada didesa, untuk dapat diambil kebijakan terkait pembinaan desa, pengelolaan keuangan desa dan pelayanan kepada masyarakat.

Diharapkan aplikasi SIMDERI ini dapat memaksimalkan kinerja PDB dalam melakukan pendampingan di desa, sehingga PDB yang ditugaskan dapat mengangkat potensi-potensi yang ada di desa sehingga desa itu bisa mandiri. Sesuai dengan visi dan misi Kota Pariaman dimana pembangunan daerah dimulai dari desa, dengan adanya desa mandiri akan membuat perekonomian Kota Pariaman cepat berkembang