LBH Fiat Justitia Batusangkar Berikan Penyuluhan Hukum Bagi Anggota PKH

oleh -69 views
Anggota LBH Fiat Justitia Batusangkar, Mustafa Akmal memberikan penyuluhan hukum kepada anggota PKH.

Batusangkar, — Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Fiat Justitia Batusangkar memberikan penyuluhan hukum kepada anggota Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar, Senin 13/5.

Anggota LBH Fiat Justitia Batusangkar Mustafa Akmal, SH.MH menyampaikan dalam kehidupan sehari-hari anggota PKH kadang kala dspat berurusan dengan lembaga penegak hukum jika terjadi pelanggaran hukum atau menjadi saksi terhadap warga yang tersangkut persoalan hukum.

“Sebagai warga negara tentu tunduk kepada hukum, termasuk jika diminta untuk bersaksi terkait apa yang kita saksikan ditengah-tengah masyarakat yang bersengketa, bersedia menjadi saksi jika diminta penyidik atau Pengadilan,” kata Mustafa.

Ia menyebut jika terjadi persoalan hukum pada salah seorang warga, atau anggota keluarga, jangan terlebih dulu dianggap mereka bersalah dan mestinya jika mereka anggota keluarga tentu mesti didampingi menghadapi persoalannya di lembaga terkait.

“Seseorang dinyatakan bersalah jika telah jatuh vonis hakim di pengadilan, jangan kita langsung menghakimi terhadap warga yang sedang tersangkut persoalan hukum, nanti bisa saja mereka dinyatakan bebas oleh pengadilan jika tidak terbukti melawan hukum,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Pendamping PKH Kecamatan Sungai Tarab, Sari Rahma Dewi memberikan apresiasi kepada LBH Fiat Justitia Batusangkar yang telah memberikan penyuluhan hukum bagi anggota PKH.

“Penyuluhan hukum ini tentu dapat memberikan pemahaman persoalan hukum termasuk masalah kekerasan dalam rumah tangga sendiri,” kata Sari.

Selain itu, juga menambah wawasan anggota PKH dalam menghadapi persoalan hukum atas berbagai kejadian yang dialaminya dan tentang prosedur yang ditempuh.

LBH Fiat Justitia Batusangkar beranggotakan sebanyak empat orang terdiri dari Ketua Yonefit Albasri, SH, dan Anggota Mustafa Akmal, SH.MH, Desneri, SH dan Lora Juita, SH. (fantau)