Lereng Green View Tempat Eksotik Tersembunyi di Solok

oleh -1.338 views
Salah satu spot foto pengunjung saat mengunjungi Objek wisata Lereng Green View, Kamis (4/3). (doc/own)

Solok—Masih banyak yang belum tau ada sebuah tempat eksotik nan indah diatas perbukitan yang terletak di Nagari Tanjung Alai, Aripan Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Tempat itu bernama Lereng Green View. Destinasi ini dibuka pada Januari 2020 lalu dengan menyuguhkan view nan cantik Danau Singkarak, Paralayang, lokasi camping ground dan banyak spot foto menarik dari atas bukit ini.

Untuk masuk objek wisata ini pengunjung tidak dipungut biaya alias gratis, namun jika pengunjung ingin menikmati serunya bermain Paralayang, bisa dengan membayar 300 ribu, selama 20 menit didampingi instruktur profesional. Bagi yang ingin camping juga disediakan tenda serta perlengkapannya, pengunjung cukup membayar 150 per tenda.

Objek wisata ini dikelola oleh  Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tanjung Alai dan dalam pembinaan Dinas Pariwisata.

Elafki, Sekretaris Dinas Pariwisata Solok mengatakan objek wisata ini meskipun terpencil namun kita promosikan terus sambil melakukan pengembangan.

” Tempatnya memang agak jauh dari kota solok tapi kita yakin pengunjung tidak akan menyesal setelah melihat keindahan yang didapat nya disini karena dari sini kita bisa melihat keindahan Danau Singkarak dari sisi yang berbeda” ujar Elafki.

Dalam kunjungan Perjalanan Insentif Simulasi Panduan CHSE bersama tim Media, Emilda Koordinator Pengawasan MICE Kemenparekraf mengatakan salah satu kendala yang perlu dibenahi oleh pengelola dan stakeholder terkait adalah akses jalan menuju ke tempat objek wisata ini yaitu jalan yang masih sempit dan agak sulit dilewati kendaraan roda empat.

“Harus ada pengembangan dan pengawasan dari pihak terkait terutama akses jalan masuk ini supaya akan lebih menarik pengunjung untuk menikmati alam Danau Singkarak ini tanpa mengenyampingkan protokol kesehatan sesuai panduan CHSE yang telah kita keluarkan dan kita sosialisasikan” pungkas Emilda.   (mona)