Lewat tweet IP Nyatakan Sikap Tolak Aksi Bakar Lilin

oleh -670 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Sidak kehadiran ASN Pemprov, Senin 3/7. (foto: twitter)
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno lewat twitnya katakan Sumbar Butuh Pelita Ulama (foto: twitter)

Padang,—Akun twitter Gubernur Sumbar @irwanprayitno menuai retweet dan kutip twitt oleh banyak netizen, ada apa?

Ternyata Irwan Prayitno (IP)  menyatakan sikap terkait maraknya aksi bakar lilin pendukung Ahok di berbagai provinsi di Indonesia.
“Banyak yang mention dengan tagar #SumbarTidakButuhLilinz saya tambahkan #SumbarButuhPelitaUlama, karena ulamalah yang tunjukan cahaya dari kegelapan,”ujar twitt IP dilansir, Minggu 14/5 kemarin.
Tak pelak dukungan netizen mengalir deras ke Irwan Prayitno, apalagi akun twitter Irwan Prayitno menjelaskan.
“Benih toleransi tetap terjaga di Sumbar, tidak boleh ada benih perpecahan dari luar dibawa ke sini,”ujarnya.
Bahkan kata IP masih di twitternya, mengedepankan demokrasi tidak boleh semaunya.
“Kalau sampai membakar rumah gadang kami, saya sebagai ninik mamak pasti melarangnya,”ujar Irwan di akun @irwanprayitno.
Sikap Irwan Prayitno membuktikan kalau Irwan tidak akan izinkan aksi bakar lilin bertajuk NKRI tapi menolak putusan hakim terhadap terdakwa penista agama.
Hari ini kabarnya beredar rencana aksi bakar lilin di tugu gempa yang melibatkan siswa sebuah sekolah  di kawasan itu,edaran himbauan itu mendatangkan kecaman berbagai kalangan.
“Aliansi Aktifis Islam Sumbar mengecam rencana itu sebaiknya tidak usah, karena akan mencabik semangat silaturahim yang kua di daerah ini,”ujar pentolan Aliansi Aktifis Islam Sumbar, Nurkholis yang siang ini mengumpulkan aktifs OKP dan Ormas di KNPI Sumbar. “Ini kita lagi bicarakan langkah untuk menghadang kegiatan itu di Tugu Gempa,”ujar Nurkholis.
Sedangkan Ketua DPD GRIB Sumbar, Khadafi Azwar menegaskan sikap Ormasnya yang siap menjaga kondusif Sumbar.
“Jangan bikin yang aneh-aneh lah, kalau aksi bakar lilin dilakukan akan memancing orang Sumbar yang jiwa religiusnya tinggi, dan saya pastikan aksi itu akan mengundang polemik, GRIB pasti akan berpihak kepad kondusolifisme Sumbar, kita siap hadang aksi itu,”ujar Khadafi. (erwan)