Liga Catur Mahasiswa dan Nagari Digelar, Sempat Disaksikan Menpora

oleh -856 views
oleh
856 views
Liga Catur Mahasiwa dan Nagari resmi digelar, ditandai adu catur antara inisiator Febby Dt Bangso dengan Deputi I Menpora RI, Sabtu 29/10 di Padang.
Liga Catur Mahasiwa dan Nagari resmi digelar, ditandai adu catur antara inisiator Febby Dt Bangso dengan Deputi I Menpora RI, Sabtu 29/10 di Padang.

Padang,—Liga Catur Mahasiswa dan Liga Catur Nagari bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober resmi digelar.

Liga yang diinisiasi Ketua DPW PKB Sumbar H Febby Dt Bangso mendapat sambutan luar biasa dari peserta, dibuka langsung oleh Deputi I Kemenpora RI Yuni Purwanti di Padang dan sempat disaksikan oleh Menpora RI Imam Nahrawi.

“Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda menjadi bagian terwujudnya sinergi kerja bersama antara Kemenpora , Kemendes dan Kementrian Riset Dikti , olahraga juga wahana yg tepat untuk sosialisasi program program pemerintah dan saat ini di Padang Sosialisasi Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) Melalui Mahasiswa dan kegiatan Liga Catur Nagari dan Mahasiswa 2017,”ujar Febby, Minggu 29/10 di Padang.

Menurut Febby, catur identik dengan pemikiran dan strategi, pemuda melalui perguruan tinggi diharapkan dapat menciptakan dan membuat strategi yang baik untuk membaca peluang menganalisa menentukan Prukadesnya menjadi bernilai ekonomi tinggi dan maju bersama melalui Bumdes Menciptakan Peluang Usaha dan Membuka Lapangan Kerja Baru dan dilatih melalui BLK , Balilatfo Kemendes  dan Kemenaker di Pedesaan.

“Pelaksanaan Liga Catur Nagari di warung memberikan dampak ekonomi lokal dan pendekatan emosional dan silaturrahmi para pendamping desa dengan warga,”ujar Febby.

Sementara kemarin Yuni Purwanti mengapresiasi apa yang dilakukan inisiator dalam upaya mencari bibit bibit baru di catur.

“Ini bagus untuk melahirkan bibit pecatur baru, jangan sampai nanti ada pemain catur naturalisasi dan kerjasama liga ini dengan Percasi sudah benar dan harus ditiru juga dengan organisasi mahasiswa untuk bersinergi dengan pengurus Cabor,”ujarnyan

Dan diharapkan lewat Liga Catur Mahasiwa dan Liga Catur Nagari, mentransfer nilai nilai persatuan dan kesatuan untuk menjaga NKRI terus terpatri di dalam dada anak muda dan bangga menjadi Indonesia “Kita Berbeda tapi kita bekerja sama,”ujar Yuni.

Imam Nahrawi hari ini hadir saksikan kegiatan yang dianggarkan Kemenpora RI. “Saya  minta segera jadwal Liga Catur nlNagarinya untuk dijadwalkan, sehingga bisa tiap tahun diselenggarakan,”ujar Imam.

Hadirnya Menpora diapresiasi Febby Dt Bangso. “Saya berterima kasih sekali, perhatiian Menpora ditengah kesibukan Pak Imam Nahrawi masih sempat menyaksikan liga catur ini,”ujar Febby.(wandi)