Literasi Digital Wujudkan Indonesia Terkoneksi dan Semakin Maju

oleh -325 views
oleh
325 views
Wagub Sumbar Audy buka Program Literasi Digital Nasional di Sumbar, Kamis 20/5-2021 di Padang. (foto: dok/komonfosb)

Padang,—Hadapi tantangan digital di era 4.0, Kementerian Komunikasi dan Informatika luncurkan program Literasi Digital Nasional serentak di 16 stasiun TV, 34 Provinsi, dan 514 Kabupaten/Kota.

Di Provinsi Sumatera Barat, peluncuran Program Literasi Digital Nasional (Indonesia Makin Cakap Digital) dibuka Wakil Gubernur Audy Joinaldy di Hotel Mercure Padang, Kamis 20/5-2021.

“Pada era 4.0 ini intinya adalah ‘Internet of things’, yang artinya mengkoneksikan banyak hal. Meski covid-19 membatasi ruang gerak, tapi ada dua bidang yang tetap berkembang yaitu pertanian dan teknologi informasi digital,”ujar Audy Joinaldy.

Audy juga menambahkan bahwa dalam keadaan pandemi justru percepatan digital di Indonesia menjadi 2.5 kali lebih cepat. Namun, adanya akselerasi transformasi digital saat ini juga menjadi tantangan untuk penggunannya untuk lebih cakap, cerdas dan bijak dalam menggunakan internet.

Maka dari itu, Kemkominfo ingin memastikan 196,7 juta warganet di Indonesia mampu mengoptimalkan kebermanfaatan Internet, salah satunya melalui peluncuran Program Literasi Digital ini.

Menteri Kominfo Johny G Plate menyampaikan pentingnya memahami empat dasar Literasi Digital yaitu keamanan digital, keterampilan digital, etika digital, dan budaya digital.

“Tujuan peluncuran program ini guna membangun Indonesia yang makin cakap digital, mewujudkan Indonesia yang terkoneksi, semakin digital, dan semakin maju,”ujar  Johny Plate secara virtual.

Secara terpisah, acara memecahkan rekor Muri dengan jumlah partisipan online terbanyak diselenggarkan secara offline di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta bersama Menteri Kominfo Johnny G. Plate, Mendagri Tito Karnavian dan secara virtual dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Presiden RI Joko Widodo secara virtual menyampaikan harapan agar gerakan literasi digital di Indonesia bisa terus membesar dan melakukan kerja-kerja konkrit generasi cakap Internet untuk kegiatan edukatif dan inovatif dan penuh konten positif.

“Tantangan di ruang digital terus meningkat, hoaks, penipuan, perjudian, eksploitasi seksual pada anak, cyber bully, ujaran kebencian, radikalisme berbasis digital ini perlu terus diawasi demi kesatuan dan persatuan bangsa,”ujar Presiden Jokowi.(da/doa-kominfosb)

 

Dinas Kominfo Sumbar