Lomba Marching Band Antar Sekolah Se-Solok Selatan

oleh -163 views
Lomba Marching Band antas SMA dibuka Bupati H Khairunas, Kamis 1/12-2022.(kampai)

Padang Aro – Menyambut Hari jadi Kabupaten Solok Selatan ke-19 tepatnya pada 7 Januari 2023 mendatang, berbagai kegiatan lomba yang akan di gelar. Kegiatan perlombaan ini di awali dengan lomba marching band antar-sekolah se-Solok Selatan.

Bupati Solok Selatan H. Khairunas mengatakan kegiatan ini bukan hanya sekedar perlombaan antar-sekolah saja. Namun terdapat nilai-nilai penting yang bisa dipetik dari pelaksanaannya.

“Harapannya dapat dijadikan sebagai wadah dalam meningkatkan dan pembentukan karakter siswa. Selain itu juga jadi ajang silaturahmi seluruh sekolah, murid, dan guru-guru yang ada di seluruh Solok Selatan,” kata Khairunas saat membuka acara di Halaman Kantor Bupati Solok Selatan, Kamis 1/12-2022.

Bupati melanjutkan, kegiatan ini bukan hanya tentang kalah dan menang saja. Namun juga mengajarkan siswa bagaimana bisa menjadi lebih kompetitif, disiplin, mampu bekerja sama dalam tim.

Di samping itu, pelaksanaan perlombaan dalam rangka HUT Kabupaten juga untuk mengingat kembali semangat berdirinya kabupaten ini.

“Ini adalah karakter, budaya yang harus kita angkat, bukan sekedar pertandingan saja. Maka dari itu tidak hanya menjadi tanggunjawab satu OPD saja, namun semuanya. Libatkan juga masyarakat untuk terus mendekatkan diri dan menunjukkan bahwa pemerintah selalu hadir di tengah masyarakat,”ujar Khairunas.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Syamsuria mengatakan pemenang dari lomba ini nantinya akan disiapkan untuk menjadi tim drum band dalam peringatan hari-hari besar sepanjang 2023 di Solok Selatan.

“Kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT Kabupaten ke-19 untuk memberikan kesempatan seluruh sekolah untuk menampilkan drum band-nya. Juaranya nanti akan disiapkan sebagai tim drum band pada hari besar di kabupaten untuk 2023 nanti,” paparnya di kesempatan yang sama.

Adapun lomba marching band ini akan dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, 1-3 Desember 2022. Sebanyak 48 sekolah ikut dalam kegiatan ini, terdiri dari 20 SD, 20 SMP, dan 8 SMA/SMK se-Solok Selatan.

Pemenangnya akan diumumkan pada puncak acara peringatan HUT Kabupaten pada 7 Januari 2023 mendatang.

Pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penampilan pertama yang dibawakan oleh SMP N 5 Solok Selatan. Dihadiri oleh jajaran Forkopimda Solok Selatan, Sekretaris Daerah, Kepala OPD, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, dan Ketua DWP Solok Selatan. (kampai)