Luka Hati Terobati, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani Tunaikan Janji pada Anggota Basurah Adat Kampung Lapai

oleh -422 views
oleh
422 views

PADANG. — Seluruh Anggota Basurah Adat Kampung Lapai mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Padang, Syafrial Kani, karena telah mengobati luka hati mereka dari janji-janji sejumlah anggota DPRD Padang dari Kecamatan Nanggalo.

“Pak Syafrial Kani telah merealisasikan keinginan kami untuk membuat baju seragam adat kelompok Basurah Adat lewat dana pikirnya,” ucap Tonli Muchtar Sutan Babangso kepada media ini di sela-sela foto bersama anggota Basurah Adat dengan baju yang baru, Senin (12/2/2024) di Padang.

Dikatakan Tonli Sutan Babangso, sebelumnya, sudah ada beberapa anggota DPRD Padang dari Dapil VI (Nanggalo, Padang Utara dan Padang Barat) yang menjanjikan akan membantu dan minta proposal ke kelompok, namun tak pernah terealisasi. Bahkan ada yang sudah dua kali proposal diminta, tapi tetap saja tak jelas.
“Saat kami bersilaturahmi dengan Pak Ketua DPRD Padang Syafrial Kani, beliau langsung menerima proposal kami. Tak berselang lama, kami langsung disuruh mengukur baju oleh pihak dinas terkait,” jelas Tonli Sutan Babangso yang diamini oleh Erwin Ilfahmi Katik Sampono Kayo selaku Sekretaris.

Perhatian dari Ketua DPRD Padang ini, lanjut Tonli Sutan Babangso, betul-betul mengobati luka hati dan kekecewaan anggota kelompok Basurah Adat Kampung Lapai yang hampir dua tahun mendapat janji-janji palsu.

“Syukurlah, semoga dengan selesainya baju kelompok ini, semakin menggiatkan kami untuk berlatih dan menebarkan semangat cinta adat dan budaya Minang ke kalangan generasi muda,” pungkas Sutan Babangso.

Ucapan terima kasih yang sama juga disampaikan .Guru Basurah Adat, Mak Kamil Malin Mudo dan Zulkarnain Rajo Ameh sebagai guru pembantu. Mereka mengapresiasi perhatian Ketua DPRD Padang Syafrial Kani pada kebutuhan kelompok-kelompok adat.

“Kami latihan Basurah Adat ini dengan niat melestarikan adat dan budaya Minangkabau serta mengajarkannya kepada generasi muda. Latihan Basurah Adat ini berangkat dari keinginan bersama tanpa paksaan,” tambah Rajo Ameh usai foto bersama anggota kelompok dengan baju seragam yang baru.

Terakhir, Erwin Ilfahmi Katik Sampono Kayo menyampaikan terima kepada Pembina Basurah Adat Kampung Lapai, Sidi Sonny Affandi yang dengan keikhlasannya memfasilitasi kelompok Basurah Adat, baik saat latihan maupun dalam dalam gelar adat kematian dan batagak gala hingga lomba-lomba Basurah Adat yang dilaksanakan Kerapatan Adat Nagari (KAN) di Padang.

“Selaku pembina, Sidi Sonny Affandi juga membantu memfasilitasi anggota Basurah Adat Kampung Lapai yang berjumlah 25 orang untuk studi banding ke Istana Pagaruyung guna menambah wawasan soal adat istiadat Minang. Bahkan di beberapa lomba, kelompok Basurah Adat Kampung Lapai selalu tampil sebagai pemenang,” pungkas Erwin Katik Sampono Kayo.. (ms/Ald)