Lurah Jondul Rawang Goro Bersama LPM Dikunjungi Oleh Ketua DPD LPM Kota Padang.

oleh -347 views
oleh
347 views

Padang – Pagi itu, Minggu 9/10/2022 masyarakat Kelurahan Jondul Rawang yang tengah asyik Goro bersama membersihkan lingkungan cukup kaget dengan kedatangan tamu dari DPD LPM Kota Padang.

Mereka tampak gembira sekali setelah mengetahui bahwa tamu tersebut adalah Irwan Basir orang nomor satu di Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kota Padang. Kedatangan Irwan Basir disambut hangat oleh Lurah Rawang Ahmad Yani dan Ketua LPM Kelurahan Rawang Yoserizal.

Lurah Rawang Ahmad Yani, S.Sos mengatakan Gotong Royong masyarakat ini diadakan tiap bulannya sesuai dengan arahan Walikota Padang yang telah mencanangkan program Padang Bagoro beberapa bulan yang lalu. Di samping itu pemerintah Kecamatan Padang Selatan juga memprogramkan Padang Selatan Tacelak yang digagas oleh Bapak Camat Padang Selatan. Kami di Kelurahan Rawang juga mensinergikan program tersebut dengan menjadikan Kelurahan Rawang sebagai Kampung Pancasila yang menjadi program kami bersama LPM dan masyarakat.

“Pelaksanaan Gotong Royong masyarakat ini diadakan dalam rangka mensukseskan program Walikota Padang yang dikenal Padang Bagoro yang telah dicanangkan beberapa bulan yang lalu oleh Bapak Walikota. Di samping itu pemerintah Kecamatan Padang Selatan juga memprogramkan Padang Selatan Tacelak yang digagas oleh Bapak Camat Padang Selatan. Kami mensinergikan kedua program tersebut dengan menjadikan Kelurahan Rawang sebagai Kampung Pancasila yang menjadi program kami bersama LPM dan masyarakat. Atas nama pemerintahan kelurahan Rawang bersama LPM dan seluruh masyarakat kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Bapak Irwan Basir selaku ketua DPD LPM Kota Padang,” ujar Lurah Ahmad Yani.

Sementara itu Irwan Basir dalam arahannya menyampaikan, pelaksanaan gotong royong oleh masyarakat sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat kita sejak dulunya. Namun seiring perkembangan zaman, semangat gotong royong ini sudah mulai memudar di tengah-tengah masyarakat.

Untuk itu, kita sangat mendukung sekali Pemerintah Kota Padang kembali menggalakkan semangat gotong royong tersebut dengan program Padang Bagoro dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan dikomandoi oleh ketua LPM dan Ketua RT dan RW setempat.

“Gotong royong sudah menjadi bagian dalam kehidupan masyarakat kita. Namun seiring perkembangan zaman, semangat tersebut sudah mulai memudar. Dengan adanya program Padang Bagoro dari Pemko Padang, masyarakat diajak kembali menggalakkan semangat gotong royong tersebut. Kita sangat mendukung program pemko Padang ini. Pelaksanaan goro masyarakat ini tak terlepas dari peran Ketua LPM dan RT/RW yang mendorong masyarakatnya untuk bergotong royong,” ucap Ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Selanjutnya Irwan Basir juga mengapresiasi dengan program masyarakat Kelurahan Rawang yang bertekad menjadikan Kelurahan Rawang sebagai Kampung Pancasila. Ini kalau diartikan, Kampung Pancasila berarti masyarakat disini mengiplementasikan butir-butir yang ada dalam Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di Kelurahan Rawang.

“Saya sangat mengapresiasi dengan program masyarakat Kelurahan Rawang ini yang menjadikan Kelurahan Rawang sebagai Kampung Pancasila. Ini dapat diartikan masyarakat disini berusaha mengamalkan nilai-nilai dalam butir Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat di Kelurahan rawang ini,” sambung tokoh yang juga Ketua Dekopinda Kota Padang ini.

Terakhir, Irwan Basir juga mengatakan pelaksanaan goro bersama ini juga mencerminkan begitu sinerginya antara LPM dengan Pemerintahan Kelurahan. Jika dua lembaga tersebut seiring sejalan dan seirama, Kelurahan Rawang akan maju dan sukses dalam segala aspek pembangunan sesuai dengan harapan seluruh masyarakat Kelurahan Rawang.

“Dengan hadirnya seluruh elemen masyarakat disini Lurah dan LPM, ini membuktikan kalau dua lembaga ini sangat bersinergi dalam berkegiatan. Jika Lurah dan Ketua LPM sudah seiring dan sejalan serta seirama, segala program pembangunan di masyarakat akan berjalan dengan sukses dan maju,” ungkap Irwan Basir.

Dalam kunjungan tersebut, Irwan Basir didampingi oleh Sekretaris DPD LPM Kota Padang Akhiruddin, S.Pd. dan Wakil Sekretaris DPD LPM Martias Sarjanny, SE.

Hadir dalam kegiatan goro tersebut, Babinkamtibmas dan Babinsa Kelurahan Rawang, Ketua LPM Mata Air, Ketua RT dan RW se-Kelurahan Rawang. Disamping itu juga hadir dari Badan Narkotika Kota Padang dan unsur masyarakat lainnya. (AdF/MS)