Lustrum VII, Fakultas Teknik jalin sinergi dengan KATUA

oleh -335 views
Dekan FT Unand Nanuk tengah, akrab bersama.deengkot KATUA Jabodetabek, Minggu 22/12 malam (foto: dok/katua)

Jakarta,—Menuju 35 tahun Fakultas Teknik Universitas Andalas, eksistensi dan prospek meningkatkan capaian keunggulan menjadi topik hangat dipertemuan informal KATUA Bersama Dekan FT Unand Insannul Kamil, Minggu 22/12 malam.di Kubang Saharjo Jakarta.

Dekan Fakultas Teknik Insannul Kamil  sangat runut menjelaskan posisi terakhir Fakultas Teknik didepan sejumlah aktivis. Termasuk tujuan kehadiran beliau bersama Wakil Dekan Prof. Gunawarman ke Jakarta, yang juga mewakili Rektor Universitas Andalas di acara Jalan Sehat IKA Unand Jabodetabek.

Berbagai capaian akademik dan program yang bisa disinergikan inilah akan disampaikan pada publik saat Lustrum VII Fakultas Teknik Mei 2020 nanti.

“Terkhusus kepada pengurus dan aktivis KATUA (Keluarga Alumni Teknik Universitas Andalas) sebagai wadah informasi dan komunikasi lebih dari enam ribu alumni FT. Karena biar bagaimanapun, jauh lebih efektif kerjasama yang dibangun antara alumni dengan fakultas, peran aktif lebih berdaya ungkit tinggi sekiranya pihak kampus yang menginisiasi,”ujar Insannul Kamil.

Alumni angkatan pertama, Surya Tri Harto, menyampaikan pandangannya tentang dinamika KATUA dengan tahapan membangun organisasi yang telah melewati tahap Solidarity dan Institusionalisasi.

“Kini memasuki fase Kontribusi & Inspirasi. Maka sikap proaktif yang ditunjukkan Dekan dengan menginisiasi pertemuan ini patut diapresiasi, tinggal bagaimana menindaklanjutinya secara efektif,”ujar Surya yang juga Ketua Harian DPP IKA Unand.

Maka sudah menjadi tugas kita bersama, menjabarkan informasi dan posisi strategis Fakultas Teknik bisa terwujud dalam bentuk kerjasama konkrit alumni dan fakultas.

“Dari pengalaman saya mengajar di beberapa kampus swasta di Jakarta, terasa sekali beda perhatian dan dukungan pimpinan terhadap proses akademik, bangga menjadi alumni Teknik,”ujar timpal Yudi ‘bule’ dari angkatan 1990.

Pertemuan dimoderatori Ilhamsyah Mirman, Sekretaris Dewan Penasehat IKA Unand Jabodetabek, menghasilkan sejumlah point kesepakatan yang akan dipertajam lebih konkrit, termasuk tentang kesiapan Kongres III KATUA yang rencananya dihelat Agustus 2020 dengan serangkaian acara terkait.

“Seminar Internasional, “Ondeh Mandeh” Run, Aksi Pantai Bersih serta pemanfaatan ajang Car Free Day sebagai media pertemuan rutin adalah beberapa hal yang juga dibahas pada pertemuan yang dihadiri penggerak KATUA Doni, Yotris dan Nofrizal ‘Achiak’ serta sejumlah alumni muda seperti Rofi & Uun dari angkatan 2011,”ujar Ilham pada resumenya.(rilis by katua)