Magister Keperawatan Unand Kunjungi Sekolah Guna Tingkatkan Kesadaran Anak Tentang Prokes Covid-19

oleh -151 views
Kegiatan Pengabdian Masyarakat Magister Keperawatan Unand di SD Citra Al-Madina, Selasa (14/9/21).(doc/own)

Padang–Pentingnya kesadaran menjaga protokol keaehatan saat ini harus menjadi prioritas semua kalangan tak terkecuali anak anak. Oleh sebab itu sejumlah Mahasiswa dan Dosen dari Program Magister Keperawatan Universitas Andalas mengadakan Pengabdian Masyarakat tentang pelatihan kader sekolah untuk meningkatkan pelaksanaan protokol kesehatan di Sekolah Dasar Citra Al-Madina yang terletak di jln Purus 1 no 8, Padang, Selasa (14/9/21).

Kegiatan pengabdian ini berlangsung dua hari dimana hari pertama pembekalan materi kepada anak anak tentang apa itu covid-19 serta bagaimana pemahaman mereka mengenai penerapan protokol kesehatan di lingkungan sekolah dan rumah. Pada hari kedua akan dilakukan simulasi penerapan protokol kesehatan mulai dari cara mencuci tangan dengan benar sampai cara menjaga diri sendiri dari penularan virus Covid-19.

Kepala Sekolah SD Citra Al-Madina Rimita Ningsih, SE. M.Pd berharap kegiatan ini bisa memberi masukan yang berarti untuk anak-anak sekolah tentang arti pentingnya menjaga protokol kesehatan.

” Kunjungan ini luar biasa sekali, saya selaku pihak sekolah Berterima kasih Ibu-ibu dosen serta adik mahasiswa sudah berbagi ilmu di sekolah kita ini, semoga ilmu ini akan bermanfaat untuk anak anak kita dan semoga program ini bisa berkelanjutan”, ujar kepala sekolah.

Pembekalan untuk anak sekolah ini diberikan oleh 8 mahasiswa magister keperawatan dan 5 dosen yang memberikan materi serta simulasi terdiri dari Dekan Fakultas Keperawatan Unand. Hema Malini, SKp.,MN PhD, Koordinator Program Studi Program Magister Keperawatan Unand. Dr. Rika Sabri.,S.Kp., M.Kes.Sp.Kep.Kom dan dosen pengajar lainnya Dr.Ns.Meri Heherta, M. Biomed, Ns. Dewi Eka Putri, M.Kep., Sp. Kep.J serta Ns. Mulyanti Roberto Muliantino, M. Kep.

Dalam kesempatan tersebut Kaprodi Rika Sabri mengatakan Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak bisa paham dan mengerti bagaimana menerapkan protokol kesehatan dengan benar sehingga mereka bisa mandiri dalam menjaga kesehatannya sendiri.

” Materi ini merupakan pembekalan untuk anak-anak supaya mereka mengerti bagaimana menerapkan protokol kesehatan untuk mereka sendiri, teman-temannya serta lingkungan di rumah mereka sendiri, sehingga mereka punya kesadaran sejak dini menjaga protokol kesehatan selain untuk dirinya sendiri tapi juga untuk orang lain disekitarnya.” tutur Rika Sabri.

Program pengabdian ini merupakan salah satu program pengabdian masyarakat Program Magister Keperawatan yang berkelanjutan diadakan setiap tahun dimana sasarannya adalah meningkatkan taraf kesehatan masyarakat serta lingkungan sekitarnya. (monsis)