Mahasiswa UMSB Pacu Kreativitas di Bidang Teknologi

oleh -348 views
Pembicara Doktor Suryani sedang memberikan pemaparan ke peserta PKM, Rabu 19/12.(foto:isa)

Bukittinggi,–Di samping tugas rutin kuliah, mahasiswa harus terus mengasah kreativitasnya, baik dalam bidang ilmu pengetahuan maupun lainnya. Untuk itu, Rabu 19/12 kemaren Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengadakan workshop Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Workshop yang diadakan di kampus baru Fakultas Teknik UMSB di kawasan Aur Kuning Bukitinggi itu dibuka oleh Ketua Jurusan Teknik Elektro Mahyessie Kamil. Dan disampaikannya agar mahasiswa dalam era revolusi industri 4.0 harus kreatif menyikapi perubahan yang ada.

“Perubahan yang begitu cepat di bidang teknologi dan keteknikan, harus lah dicermati dengan seksama oleh mahasiswa. Jangan sampai hanya sekadar menjadi penonton, tapi bagaimana menjadi pemain dengan menunjukkan kreativitas,” ujarnya.

Dari kreativitas itu, lanjutnya, diharapkan tercipta inovasi-inovasi teknologi yang dapat diaplikasikan dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Efisien, memiliki daya saing dan bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak, seperti untuk internet, robotik dan percetakan tiga dimensi (3D).

Sementara itu, Doktor Suryani (staf pengajar UMSB) yang menjadi pembicara di workshop tersebut, menyajikan bagaimana tips dan trik didanai PKM serta cara membuat dan menulis proposal yang baik. Dan acara yang diikuti kurang lebih 150 orang mahasiswa itu dimoderatori Hariadi (staf pengajar Fakultas Teknik UMSB), berlangsung dengan sukses. (rilis/isk)