Majukan Wisata Sumbar, BNI Gelar Workshop

oleh -338 views
Doktor Sari Lenggogeni,
Direktur Pusat Study Pariwisata Unand
Padang,—BNI bersama Pusat Studi Pariwisata Unand Padang, besok sampai Selasa menggelar workshop ” Re-Act Green”.
”Sebuah pelatihan untuk memanfaatkan sampah rumah tangga supaya bernilai jual dan menjadibsobenir mendukung dunia kepariwolisataan Sumbar,” ujar Kakanwil BNI Sumbagut Rahmad Hidayat, Minggu 5/3 di Padang.
Workshop dilaksanakan di Hotel Pangeran City merupakan dana CSR BNI, untuk pemberdayaan ekonomi kreatif Sumbar.
Menurut Direktur Pusat Study Pariwisata Unand Padang, Dr Sari Lenggogeni workshop ini penting dalam menyambut bergeliatnya dunia pariwisata di Sumbar.
“Memajukan pariwisata banyak yang harus terlibat, termasuk masyarakat di destinasi pariwisata, terutama membekalinya dalam berkretaif memanfaatkan sampah rumah tangga untuk didaur ulang menjadi souvenir yang punya nilai jual,” ujar Sari.
Sari mengatakan workshop yang digelar BNI selain menggandeng Unand juga dibantu oleh Pemprov Sumbar.
”Workshop diikuti peserta dari tiga daerah yakni Padang, Bukittinggi dan Kabupaten Limapuluh Kota, masing masingnya mengirim tiga orang pelaku ekonomi kreatif juga diikuti peserta dari Yayasan Gempita,” ujar Sari.
Menurut Sari, prospek pariwisata Sumbar sangat luar biasa, selama ini pariwisata dikelola sekedarnya saja. Tapi seiring pemahaman pemerintah dan masyarakat terhadap pengaruh pariwisata kepada peningkatan perekonomian masyarakat serta berkontrolibusi meningkatkan PAD daerah, mindset pengelolaan mulai berubah.
“Sudah berubah semoga ini menimbulkan kesadaran bahwa pariwisata itu tidak sekedar kunjungan orang saja. Banyak sektor yang mengikuti dan semuanya berujung kepada peningkatan kesejahteraan, perlu fokus pada manajemen pengelolaannya saja lagi,”ujar Sari.(waldi)