Manajemen Keuangan Toko Skincare Gilseven

oleh -85 views
Gilseven (dok)

Oleh : Annisa Anandita Farras

MANAJEMEN keuangan yang dijalakan oleh toko skincare Gilseven yang didirikan oleh Ginda Fahreza di Bandar Lampung ini sangat baik. Ginda mengelola keuangan toko skincarenya dengan menerapkan konsep keuangan yaitu perencanaan keuangan, pencatatan keuangan, dan pengendalian keuangan.

Ginda selaku pemilik dari toko skincare Gilseven memiliki perencanaan keuangan yang sangat baik dan matang. Ia selalu melakukan penganggaran keuangan dan megalokasikan anggaran atau dana sesuai dengan rencana yang telah Ia buat. Dan juga perencanaan keuangan yang baik membuat toko skicare Gilseven dapat mencapai tujuan usahanya.

Selain perencanaan Ginda juga melakukan pencatatan keuangan. Ginda mencacatan seluruh transasksi yan berkaitan dengan toko skincare miliknya tersebut, dari pengeluaran atau pemasukan yang keil hingga yang besar semuanya dicacatan oleh Ginda. Pencatatan keungan juga sangat penting untuk dilakukan dalam sebuah usaha, sehingga pemasukan dan pengeluaran yang terjadi akan semakin jelas.

“Orang yang dapat mengendalikan arus kas (cash flow), adalah orang yang memiliki kekuatan.” Mark W Boyer

Ginda juga melakukan pengendalian keuangan. Pengendalian yang digunakan Ginda masuk kedalam tahap pertama dan kedua yaitu pengendalian dengan pengawasan fisik dan pengendalian dengan menggunakan akuntansi historis.

Di mana Ginda melakukan perencanaan dan pengendalian secara langsung, dan Ginda juga memerlukan catatan historis untuk merencanakan dan mengendalikan kegiatan usahanya dari bulan ke bulan.

“Bukan seberapa banyak orang menghasilkan uang, melainkan untuk tujuan apa uang itu digunakan.” – John Ruskin

Selain itu, Ginda juga selalu berusaha memaksimalkan pengunaan keuntungan yang Ia dapatkan setiap bulannya. Sebisa mungkin keuntungan yang Ia peroleh bisa mengembangkan usahanya menajdi lebih maju lagi.

Setaip diakhir bulan Ginda selalu menghitung pendapatannya selama sebulan penuh, setelah itu Ginda memisahkan uang-uang nya sesaui dengan kebutuhan. Ginda memisahkan antara uang untuk Ia tabung dan uang untuk membeli produk-produk baru atau modal untuk bulan berikutnya.

“Sebisa mungkin sih dalam sebulan itu saya bisa menabung sedikit dari keuntungan yang saya dapat. Karena jika suatu saat saya membutuhkan dana lebih untuk mengembangkan usaha, saya tidak perlu pusing memikirkan dananya. Seperti nanti jika saya ingin membangun store sendiri “ ucap Ginda owner dari Gilseven.

Untuk kerugian sendiri Ginda pernah hampir mengalami kerugian diawal Ia memulai usahanya, karen manajemen keuangan yang Ia lakukan diawal salah. Ginda tidak mencatat transaksi yang Ia lakukan dan Ginda tidak merencakan keuangan usahanya dengan benar.

Selepas dari itu Ginda belajar bahwa memenejemn keuangan itu perlu, menejemen kuangan pribadi maupun keuangan sebuah usaha. Kini dengan menerapkan konsep keuangan yang bener Ginda dapat mengendalikan keuangan usahanya dengan baik. Toko Skincare Glisevenya juga berkembang dan berjalan dengan baik. Ginda berharap untuk kedepannya toko skincare Gilseven miliknya dapat berkembang baik dan menajadi toko yang besar dan sukses.(analisa)