Manfaatkan Dana Desa, Nagari Pasia Bangun BLK

oleh -344 views
Nagari Pasia manfaatkan dana desa secara bertahap bangun BLK. (foto: kwpsb)

Agam,—4 Tahun sudah Dana Desa bergulir di masyarakat paska keluarnya UU nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Dana Desa menjadi satu program unggulan Pemerintah Pusat dalam rangka mewujudkan Nawacita Presiden yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Dana Desa selain untuk pembangunan infrastruktur pedesaan juga diharapkan mampu membangun manusia dari sisi peningkatan kapasitas masyarakat melalui pola pemberdayaan.

Pemerintah Nagari Pasia Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam sangat memahami, guna peningkatan kapasitas masyarakat dalam rangka pemberdayaan masyarakat melalui Dana Desa, Pemerintah Nagari Pasia bangun Balai Latihan Kerja (BLK).

Walinagari Pasia Zul Effendi menjelaskan, saat ini Nagari Pasia fokus membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program-program pemberdayaan.

“Karena untuk kegiatan fisik sesuai dengan kondisi Nagari Pasia tidak terlalu mendesak, jadi untuk fasilitasi pemberdayaan tersebut kita membangun sarana prasarana pelatihan, 3 tahun ini secara bertahap kita membangun Pusat Pelatihan Masyarakat,”ujar Zul Efendi.

Tujuan Nagari Pasia membangun BLK ini adalah bagaimana nagari meningkatkan skill dan kemampuan masyarakat yang diharapkan nantinya dapat mengurangi pengangguran serta meningkatkan perekonomian keluarga sehingga masyarakat tersejahterakan.

“Dana Desa dapat termanfaatkan dan tepat sasaran,” ujar Zul Effendi.

Staf Khusus Menteri Desa H. Febby Datuak Bangso sangat mengapresiasi langkah dan program yang dilaksanakan oleh Walinagari Pasia beserta jajarannya.

“Guna mengatasi pengangguran dan meningkatkan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat, ini lah tujuan dana desa sebenarnya dikucurkan oleh pemerintah pusat melalui Kemendes PDTT,”ujar Febby.

Dana desa mampu membangun manusia itu sendiri, kata Febby jangan fokus membangun infrastruktur fisik saja.

“Tapi harus kita bangun juga manusianya. Kami selaku Staf Khusus Menteri Desa dan PDTT bidang Pemberdayaan akan dorong terus upaya dan langkah yang dilakukan nagari. Anggaran dana desa yang kita arahkan ke Sumatera Barat cukup besar untuk pemberdayaan ini, apalagi Nagari Pasia sudah membangun BLK, tinggal lagi memprogramkan pelatihan-pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan potensi yang ada,”ujar Datuak Febby yang juga maju sebagai calon legislatif untuk DPR RI.

Sementara itu Tan Rajo Khairul Anwar, KPW Bidang Inovasi Desa yang sangat intensi mendampingi nagari-nagari di Sumatera Barat, Tan Rajo berharap, apa yang dilakukan Pemerintah Nagari Pasia dapat ditiru nagari-nagari lain.

“Di sisi pendamping kami akan terus upayakan agar program pemberdayaan ini dapat termaksimalkan, nagari harus berinovasi dengan ide ide kreatifnya, untuk persoalan biaya Dana desa bisa kita maksimalkan,”ujar Tan Rajo.(rilis: kpwsb)