Mantap, KJ Jadi Warga Utama Kota Padang

oleh -733 views
Wartawan Senior dan Komisaris PT Semen Padang Khairul Jasmi mengatakan 108 PTSP sejarahnya sudah berjalin berkulindan dengan Minangkabau (foto: dok)
Kharuk Jasmi pada HUT Kota Padang 7 Agustus mendapat anugerah sebagai Warga Utama Kota Padang. (foto: wikimedia via google)

Merdeka,—Khairul Jasmi, Pemimpin Redaksi koran terbesar di Sumbar, wartawan senior dan guru bagi watawan pemula, 7 Agustus bertepatan dengan HUT Kota Padang ditetapkan menjadi Warga Utama Kota.

Tapi, 2016 lalu KJ biasa Khairul Jasmi dipanggil koleganya, pernah menolak dijadikan Warga Utama Kota Padang, karena waktu itu tidak ada kriteria lalu muncul saja namanya. KJ tolak saat pengusulan nama dari Pemko ke DPRD Padang.

Untuk 2017 ini, KJ tidak bisa mengelak, tapi sebagai warga utama pasti ada beban hinggap di kuduk.

“Allhamdulillah, setiap ada penghargaan sesering itu pula beban hinggap di kuduk. Beban berat takkan bisa dikerjakan kalau kita hanya sendiri. Basamo mako manjadi,”ujar Khaitul Jasmi kepada media ini, Sabtu 5/8 di Padang.

Selain itu KJ tidak mau dianggap sebagian koleganya sombong kalau menolak kedua kalinya menjadi warga utama Kota Padang.

“Apa pula pandangan orang, nanti ado nan mangatoan mantang mantang (ada pula yang bicara menta-mentang) ke saya,”uajr KJ.

Lalu, KJ juga menilai prosedur pemilihan dan pebetapan warga utama dalan rangka Hari Jadi Kota Padang sudah sesuai, selain  KJ ada Rektor UNP Ganefri dan delapan orang lagi.

“Sudah ditetapkan, penyerahan penghargaan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Padang,”ujar.

Sementara, kolega KJ, Gusfen Kairul mengaku KJ pantas dianugerahi warga utama Padang.

“KJ pasti berjasa, memiliki perhatian yang besar bagi kemajuan pembangunan kota Padang. Kj itu Pemred Singgalang, Wartawan Utama, 2026 menerima kartu pers number one PWI. Menjadi penguji ujian kompetensi wartawan juga peraih hadiah Adinegoro 2005, penghargaan tertinggi dk dunia kewartawanan.

[“Sudah tepat lah KJ menerima Warga Utama. Mestinya beberapa tahun lalu KJ selalu menolak. Sepanjang hidupnya diabdikan untuk dunia jurnalistik dan itu dilakukannya di Kota Padang, banyak torehan penanya untuk Padang ini,”ujarnya.

Sementara Anggota Komite Ekonomi Industri Nasional, Dony Oskaria mengapresiasi Pemko dan DPRD Padang beri KJ warga utama kota.

“Da KJ itu sudah saya anggap kakak, dia selalu ada waktu untuk berdiskusi soal apa saja, termasuk soal Padang maju, Padang sejahtera dan banyak lagi yang lain, saya apresiasi sekali Da KJ dianugerahi Warga Utama Kota Padang,”ujar Dony dihubungi.

Menurut Dony, KJ punya aura positif dalam menjalankan profesinya sebagai jurnalis. “Dan mau mentransfer aura itu ke wartawan yunior, sehingga KJ adalah si pengayom,”ujar Dony.(rian)