Marzul Veri ‘Gembok’ Hanura untuk Pilkada Padang 2018

oleh -621 views
Marzul Veri, Ketua DPP Partai Hanura menjadi calon internal untuk Cawako Padang, Pilkada 2018.
Marzul Veri, Ketua DPP Partai Hanura menjadi calon internal untuk Cawako Padang, Pilkada 2018.

Padang,— Ketua DPD Partai Hanura Sumatera Barat (Sumbar), Marlis mengaku partainya banyak dilobi figur-figur bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Padang 2018.

“Meski banyak yang melobi dan siap mendaftar ke Hanura, kami masih menunggu petunjuk DPP Partai Hanura,”ujar Marlis, Kamis 25/5 Padang.

Tapi banyak pihak beranggapan kalau Hanura sudah digembok oleh Marzul Veri, nama Marzul terus menggelinding bagai bola salju untuk Cawako Padang.

Apalagi mantan Ketua KPU dan KNPI Sumbar ini, sekarang menjadi elite DPP Partai Hanura dengan jabatan Ketua DPP, Marzul Veri juga dikenal sebagai orang dekat Ketua Umum Osman Sapta dan Waketum Gde Pasek Suardika.

“Kalau Marzul Veri maju, sulit bagi Hanura Sumbar untuk tidak mencalonkannya,”ujar Loyalis Marzul Veri, Gindo Ramdalel.

Marlis mengakui Marzul Veri calon dari internal partai. “Marzul Veri disiapkan menjadi calon dari internal partai,”ujar Marzul.

Meski begitu, Partai Hanura kata Marlis masih melihat kondisi perpolitikan Padang jelang Pilkada 2018.

“Hanura punya lima kursi di DPRD Padang, untuk mengusung pasangan calon, Hanura wajib berkoalisi dengan Parpol lain, untuk mengajukan pasangan calon di Pilkada Padang, minimal Parpol atau gabungan Parpol memiliki sembilan kursi di DPRD Padang,”ujar Marlis.

 

Sementara itu, makin dekatnya proses Pilkada Kota padang, mantan Sekretaris Marzul Veri di Tim Pemenangan Jokowi – JK di Sumatera Barat, pada Pemilihan Presiden 2014-2019, Yunando mengatakan, Marzul Veri adalah calon pas dan alternatif prioritas, karena mewakili generasi muda dalam membangun Kota Padang.

“Beliau adalah aktifis pergerakan yang selama ini kita tahu, selalu menyuararakan kepentingan dan selalu berpihak kepada generasi muda Sumbar,” ujar Yunando.

Bahkan meski sudah menjadia elite DPP Partai Hanura sekarang, Marzul Veri masih aktif membina generasi muda, di Sumatera Barat khususnya di Kota Padang, dengan program yang dimainya “Sakola lapau”.

“Bang Marzul yang turun langsung memberikan motivasi hidup kepada generasi muda Sumbar menghadapi masa depannya,”ujarnya.

Yunando malah memprediksi, jika Marzul mendapat restu dari Ketua Umum Hanura, Osman Sapta maka dua Parpol solid di pemerintahan Nasdem dan PDI Perjuangan akan mendukung Marzul, termasuk PKB dan PPP.

“Menarik mencari Cawwakonya Marzul, saya membayangkan pasangan diusung Hanura dan koalisinya bisa Sari Lenggogeni-Marzul Veri atau sebaliknya,”ujar Yunando dengan senyum khasnya.(erwan)