Menangkal Hoax, Kementerian Kominfo Minta Masyarakat Lakukan Ini

oleh -176 views
Direktur Pembinaan Media Kementerian Kominfo RI, Nurlaili saat acara Forum Diskusi Publik di Emersia Hotel Batusangkar, Kamis 27/6 (foto: fantau)

Batusangkar,—Cara jitu enyahkan Hoax di sekitar anda, Kementerian Kominfo RI meminta masyarakat untuk menyaring terlebih dahulu bila memperoleh suatu informasi, benar atau tidak, kemudian baru disebarkan.

“Untuk menangkal hoax, masyarakat diminta melakukan Saring kebenaran informasi, kemudian baru di Share,”ujar Direktur Pembinaan Media Kementerian Kominfo RI, Nurlaili saat acara Forum Diskusi Publik, Penangkalan Hoax bagi Generasi Muda di Emersia Hotel Batusangkar, Kamis 27/6.

Ia menyebutkan realita saat ini begitu banyak informasi yang beredar di tengah masyarakat terutama di media sosial mulai dari berita yang falid kebenarannya sampai berita hoax.

“Namun berita hoax yang lebih banyak beredar di media sosial, karena masyarakat lebih mengutamakan siapa pertama yang menyebarkannya, tanpa melakukan saring kebenaranan informasi tersebut,” katanya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Tanah Datar, Nuryedisman menyampaikan berita hoax ini dapat menggiring opini masyarakat ke hal negatif dan dapat berdampak pada kehidupan sosial masyarakat.

“Maka, Pemerintah daerah terus berupaya menciptakan masyarakat yang madani dan aktif mengelola medsos dengan baik,” katanya.

Nuryedisman juga mengharapkan generasi muda mampu menjadi garda terdepan dalam hal penangkalan hoax karena dapat mengganggu kehidupan sosial masyarakat bahkan negara.
Peserta diskusi publik lebih dari 200 orang yang berasal dari mahasiswa, organisasi pemuda, organisasi masyarakat, satuan tugas anti hoax pemda, dan awak media.

Kementerian Kominfo menghadirkan narasumber dari Widyaiswara LIPI Siti Meiningsih, Pakar Medsos Drone Emprit, Cavin Rubens Manuputty, dan Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar Abrar. (fantau)