Menarik Penyuluhan Stunting di Malalak Barat, Mahasiswa Pakai Game Puzzel Tumpeng Gizi

oleh -155 views
oleh
155 views
Mahasiswa.KKN UNAND di SDN 05 Sungai Lansiang Malalak Barat lakukan penyuluhan stunting, Sabtu 29/7-2023.(suwanda)

Agam–Dua Puluh Enam mahasiswa KKN PPM Unand didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Ulfanora, melaksanakan program kerja penyuluhan stunting dengan tema pengetahuan makanan bergizi, di SD 05 Sungai Lansiangan, Nagari Malalak Barat, Agam pada Sabtu 29/7-2023.

Program Kerja Mahasiswa KKN UNAND di Malak Barat diketuai Dina Mardia Tarigan, mahasiswa tahun ketiga jurusan Gizi. Dina  mengatakan progam kerja penyuluhan makanan bergizi untuk menjadi salah satu cara penurunan angka stunting.

“Sosialisasi yang kami lakukan unik dan menarik, yaitu pengenalan makanan bergizi dengan tumpeng gizi yang kami buat dari gabus berwarna warni,”ujar Dina.

Dina juga menjelaskan kegiatan dimulai pukul 08.00 Wib sampai pukul 11.00 Wib,  diawali pembukaan dan pengenalan Mahasiswa-Mahasiswi KKN UNAND. dilanjutkan dengan materi tentang gizi seimbang, kemudian diadakan games puzzel tumpeng gizi, di mana games ini berkaitan dengan materi yang disampaikan sebelumnya.

“Kami memilih games ini dikarenakan sangat cocok dengan kesukaan anak-anak SD yang berwarna-warni dan supaya anak-anak tersebut paham terhadap materi yang disampaikan, kemudian dilanjutkan dengan foto bersama dan penutupan,”ujar Dina.

Diakhir kegiatan mahasiswa KKN juga mengapresiasi adik-adik sekolah dasar yang memenangkan games agar adik-adik semakin termotivasi dan selalu mengingat dengan baik kegiatan yang kami lakukan.

Buk Net selaku kepala sekolah SDN 05 Sungai Lansiangan mengatakan penyuluhan gizi seimbang memberikan dampak positif bagi siswa-siswi SDN 05 Sungai Lansiangan, dan dapat meningkatkan pengetahuan pada siswa-siswi, tentang gizi seimbang.

“Pesannya, pertama Mahasiswa KKN agar dapat selalu membina siswa-siswi, kedua kami warga SDN 05 Sungai Lansiangan mengucapkan terimakasih kepada mahasiswa KKN. Harapan kami kegiatan yang dilakukan seperti ini dilanjutkan dan ditambah dengan kegiatan di bidang lainnya, terima kasih,”ujar Bu Net.

(report by Suwanda Alfasha, Mahasiswa KKN UNAND)