Mengejutkan… Irman Gusman Penuhi Syarat jadi Calon DPD RI

oleh -1,381 views
oleh
1,381 views
Irman Gusman menang di PTUN Jakarta, Selasa 19/12-2023? (dok)

Padang—- Majelis Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta memutuskan putusan KPU mencoret Irman Gusman tidak sah.

Selasa 19/12-2023 PTUN Jakarta yang mengadili gugatan Irman Gusman atas pencoretan dirinya di Daftar Calon Tetap DPRD RI. Pengadilan Tata Usaha Negeri (PTUN) Jakarta mengabulkan gugatan terkait sengketa pencalonannya sebagai caleg DPD Pemilu 2024 pada putusan perkara nomor 600/G/SPPU/ 2023/PTUN.JKT,

PTUN Jakarta dalam putusan ya menyatakan batal/tidak sah Keputusan KPU RI Nomor 1563 Tahun 2023 tentang Daftar Calon Tetap Anggota DPD dalam Pemilu 2024 yang di dalamnya tidak terdapat nama Irman Gusman.

Irman Gusman sendiri ketika proses mendaftarkan diri sebagai hak konstitusinya menjadi Bakal Calon DPD RI awalnya stelah memenuhi syarat. Tapi adanya putusan MK dan Yudisial Review MA RI, Irman Gusman pun diputuskan KPU tidak memenuhi syarat.

Apakah KPU akan menerima begitu saja putusan PTUN atau akan melakukan upaya hukum, sampai berita ini ditayangkan belum dapat informasi resmi dari KPU RI selaku dari sengketa yang diputuskan PTUN Jakarta.

Sementara Komisioner KPU Sumbar Jons Manedi diminta sikapnya terkait putusan PTUN mengatakan wait and see

“Sikap kami di KPU Sumbar selaku lembaga resmi di bawah KPU RI, adalah menunggu bagaimana keputusan dan sikap KPU RI. Keputusan soal Calon DPD RI itu adalah kewenangan KPU RI,”ujar Jons Manedi.

Tapi sah menjadi calon DPD RI lagi Irman Gusman dengan Pemilu hanya hitungan Hariz dan tentu ada perubahan nomor urut Calon DPD RI berdasarkan abjad itu, minimal nomor Calon di bawah abjad I. (adr)