Mengenang Kejayaan Nagari Padang Ganting Melalui Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting

oleh -371 views
oleh
371 views
Danny Hidayat (dok)

Oleh: Danny Hidayat, S.E., M.M.

Dosen FEB Universitas Andalas

DALAM rangka mendukung salah satu program unggulan pada bidang parawisata Kabupaten Tanah Datar yaitu Satu Event Satu Nagari dengan tajuk acara Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Padang Ganting Universitas Andalas ikut andil dalam menyukseskan kegiatan tersebut dengan mengambil peran sebagai panitia pelaksana Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam meningkatkan sektor pariwisata agar dapat dikenal luas.

Di samping itu kegiatan ini difungsikan sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Kegiatan Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting di hari pertama yang dilaksanakan di Nagari Padang Ganting dimulai dengan Arakan Pawai Bersama dengan Judul 3200 Lopek Bisi dari sumur Kubang Jorong Koto Gadang yang pesertanya terdiri dari siswa/siswi Sekolah,

Unsur Masyarakat, dan Kelompok Kesenian yang ada di Nagari Padang Ganting. Kegiatan dilanjutkan dengan Pembukaan acara yang dilaksanakan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E., M.M. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sarana pendorong untuk memperkenalkan sektor pariwisata kebudayaan dan alam yang ada di Nagari Padang Ganting, dan kegiatan ini juga ikut membantu meningkatkan perekonomian masyarakat Nagari Padang Ganting.

Setelah melaksanakan pembukaan Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting, Bupati Tanah Datar Eka Putra, S.E., M.M, dilanjutkan dengan kegiatan Makan Bajamba yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Padang Ganting.

Kegiatan dilanjutkan dengan berbagai hiburan kesenian dari siswa/siswi sekolah yang ada di Nagari Padang Ganting.
Pada hari kedua, Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting dilanjutkan dengan kegiatan Buru Tupai yang dibuka oleh Wali Nagari Padang Ganting.

Selanjutnya Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting dilanjutkan dengan kegiatan lomba masak Pongek dan perlombaan menyanyi serta penampilan kesenian daerah khas Nagari Padang Ganting.

Di hari ketiga Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting dilanjutkan dengan kegiatan Gerak Jalan Santai ke Air Terjun Tujuh Tingkat. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi wisata yang mampu menjadi salah satu pengerak dalam bidang pariwisata Nagari Padang Ganting.

Gerak Jalan Santai ini dihadirkan penyelenggara sebagai bagian dalam memperkenalkan kepada khalayak luas terhadap pesona memukau yang dimiliki oleh Air Terjun Tujuh Tingkat Nagari Padang Ganting.

Kegiatan Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting dilanjutkan dengan penampilan permainan Anak Nagari dalam rangka menjaga warisan budaya yang ada di Nagari Padang Ganting agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman.

Festival Pesona Nagari Tuan Kadhi Padang Ganting ditutup dengan rangkaian kegiatan Dendang Kim yang menjadi puncak acara hiburan bagi masyarakat Nagari Padang Ganting.

Acara penutup ini mampu menarik perhatian masyarakat sehingga mampu menciptakan euforia yang besar dan berkesan bagi masyarakat Nagari Padang Ganting.(analisa)