Mentawai Tuan Rumah Rakor Kadispar se Sumbar

oleh -411 views
oleh
411 views
Rakor Dispar se Sumbar kedua digelar 2021 dilaksanakan di Mentawai dibuka Wagub Sumbar Audy, Selasa 23/3-2021. (foto: dok/dispar)

Tuapejat,—Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi tuan rumah Rakor Dispar se Sumbar 22-24 Maret 2021 dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy.

Wagub Sumbar Audy tiba Selasa 23/3-2021 pukul 13.30 mendarat di pelabuhan udara Rokot Tuapejat Mentawai dan langsung menghadiri presentasi oleh Otoritas Bandara tentang perkembangan pelaksanaan pembangunan Rokot yang disusul oleh peninjauan lapangan.

Selain menghadiri Rakor, Wagub juga bermalam di Tuapeijat untuk melaksanakan kunjungan kerja selama 2 hari dengan berbagai agenda seperti peninjauan lapangan ke beberapa Daya Tarik Wisata (DTW) serta pertemuan dengan berbagai stakeholders kepariwisataan.

Kadispar Sumbar Novrial menjelaskan bahwa Dispar Sumbar berkomitmen untuk mengadakan Rakor bergiliran di seluruh Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat.

“Sepanjang tahun 2020 Dispar Sumbar telah melaksanakan empat kali Rakor yang diselenggarakan bergiliran di Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar Kota Payakumbuh dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk tahun 2021, Rakor di Mentawai ini adalah yang ke 2 (dua). Rakor pertama di tahun 2021 diadakan di Kota Pariaman beberapa waktu lalu yang khusus membahas Desa Wisata,”ujar Novrial.

Selanjutnya Novrial menyampaikan bahwa saat ini salah satu fokus utama adalah bagaimana mengubah “Image” Mentawai yang selama ini terkesan sebagai destinasi wisata exclusive hanya untuk Wisatawan Mancanegara dan surfer (peselencar) saja dan masih banyak wisatawan domestik potensial yang beranggapan belum tersedianya amenitas yang memadai dan sulitnya transportasi dari dan ke Mentawai.

“Saat ini, dengan adanya kapal cepat Mentawai Fast, perjalanan ke Mentawai bisa ditempuh dalam waktu yang cukup singkat, aman dan nyaman. Selain Resort, berbagai type akomodasi dengan fasilitas yang sangat memadai dan layak dengan harga terjangkau bagi wisatawan nusantara juga sudah banyak tersedia di Mentawai. Informasi ini lah yang harus lebih kita sebar luaskan lagi ke target market wisatawan potensial,” terang Novrial.

Total 100 orang peserta hadir pada kesempatan Rakor yang juga menggelar pameran UMKM Kabupaten Kepulauan Mentawai. Selain dihadiri Kadispar Kabupaten dan Kota se Sumbar, Rakor di Mentawai kali ini juga dihadiri oleh Tim Perumus RPJMD Provinsi yang diwakili oleh Muhammad Zuhrizul dan mengikutsertakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Provinsi Sumbar antara lain Bappeda, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Kebudayaan dan Biro Kerjasama dan Rantau.

Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menyambut baik dan memberikan apresiasi diselenggarakannya Rakor Dispar se Sumbar di Mentawai.

“Sebagai wilayah dengan potensi Pariwisatanya yang telah mendunia, tentunya demi kemajuannya, Mentawai butuh dukungan dan sumbang saran dari berbagai pihak serta promosi yang lebih gencar untuk menyebarluaskan potensi yang kami miliki. Kami juga berharap akan banyak Rakor-Rakor serupa diadakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai dan bagi bapak ibu peserta rakor, kami tunggu kedatangannya kembali.”ujar Yudas.

Wagub Audy menyampaikan kehadirannya pada Rakor di Mentawai salah satunya adalah sebagai wujud perhatian karena pentingnya substansi pariwisata di dalam RPJMD yang tengah disusun. Selain itu, karena tempatnya di Mentawai, yang merupakan salah satu destinasi yang sudah sangat mendunia khususnya di mata para surfer profesional.

“Rakor pariwisata ini menjadi sangat bermakna karena materi-materi yang dibahas sangat sejalan dengan pemikiran Gubernur dan Wakil Gubernur disaat kampanye dulu, yang tentunya akan dilaksanakan dalam periode pemerintahan ini. Saya juga mengingatkan kepada para pelaku pariwisata dan masyarakat agar selalu memberikan “positive vibes” dan “excellent services” bagi para wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, agar meninggalkan kesan yang baik untuk memotivasi mereka kembali lagi,” ujar Wagub Audy.

Seterusnya Kadispar Sumbar menerangkan bahwa materi acara Rakor Kepariwisataan biasanya hanya khusus membahas satu topik saja. Namun khusus di Rakor Mentawai kali ini dibahas kegiatan kepariwisataan Sumbar pada tiga topik yaitu Wonder Events, Roadmap Ekonomi Kreatif dan Potensi Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Provinsi Sumatera Barat.

“Ketiga topik tersebut langsung dipaparkan oleh masing-masing Kepala Bidang terkait yaitu Kepala Bidang Pemasaran Hendri Agung, Kepala Bidang Destinasi Doni Hendra dan Kepala Bidang Ekraf Derliaty. Sebagai empunya wilayah, tentunya peran Dinas Pariwisata Kabupaten/Kota sangat penting bagi Pariwisata Sumbar sebagai salah satu motor utama penggerak kebangkitan ekonomi di era Pandemi,”ujar Novrial. (rilis: disparsb)