Meriahhh Karnaval Kemerdekaan di Dharmasraya

oleh -65 views
Sutan Riska lepas Karnaval Kemerdekaan di Sitiung dan puji tumpahan kreatifitas warga memaknai HUT RI ke 77, Minggu 21/8-2022. (minfo-dms)

Dharmasraya, — HUTVTI Ke 77 makin membahana peringatannya di Dharmasraya, bahkan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan memuji habis kreativitas warganya.

Hal itu disampaikan Bupati Dharmasraya dua periide ini pada Pawai dan Karnaval Kemerdekaan yang dilaksanakan Karang Taruna Blok B Koto Agung, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung,  Minggu 21/8-2032.

Ribuan orang dari berbagai kalangan ikut berpartisipasi dengan menampilkan sejumlah kreasi terkait bulan kemerdekaan serta kreatifitas lain yang melambangkan persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

Adapun kreatifitas yang ditampilkan di antaranya, replika peralatan tempur yang menggambarkan perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan, yakni pesawat tempur, tank dan meriam, lengkap dengan bala tentaranya yang memanggul senjata.

Sementara selain penampilan atraksi drama teatrikal, serta kostum budaya daerah, peserta dengan busana unik juga menjadi sisi lain dari pawai ini. Beberapa peserta tampil dengan bahan daur ulang, seperti kertas koran, plastik dan daun pisang kering.

Di barisan lain, dikutip. dari facebook @release.., para petani juga tak lupa memerkan hasil penennya sebagai tanda syukur memperoleh nikmat kemerdekaan.

Pawai dan karnaval dimulai dari Lapangan Sepakbola Pasar Koto Agung, dibuka dan dilepas secara resmi Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, didampingi Dandim 0310/SSD, Letkol Endik Hendra Sandi, Kapolres Dharmasraya, diwakili Kasat Binmas, Iptu Azriman, camat dan walinagari setempat, serta turut disaksikan ribuan masyarakat yang datang dari seluruh penjuru Dharmasraya.

Sutan Riska tak henti-henti memuji kreativitas warga setempat dalam mendesain semua properti dan skenario kegiatan sehingga menarik untuk disaksikan.

“Saya kira kreativitas warga Blok B Sitiung 1 ini layak menjadi contoh bagi warga lain di setiap nagari dalam menyelenggarakan pawai dan karnaval,” ujar Sutan Riska.

Ketua Apeksi ini juga menyampaikan apresiasi kepada penyenggara dan peserta yakni Karang Taruna dan seluruh warga Blok B Sitiung I.

“Saya salut dengan kekompakan pemuda dan warga Koto Agung. Acara sebesar ini saya kira membutuhkan energi yang luar biasa untuk mewujudkannya,” ujar Sutan Riska.

Sementara Fuji, warga setempat mengungkapkan rasa antusiasmenya untuk mengikuti pawai dan karnaval hari kemerdekaan ini. Ia mengaku sudah lama tak menyaksikan acara tahunan ini dilaksanakan pasca dilanda Covid-19.

“Inikan yang pertama setelah covid-19 melandai, jadi memang sangat ditunggu-tunggu sekali  warga di sini,” ujar Fuji.(yan)