Meski Desakan ke Padang Kuat, Irjen Pol Fakhrizal Urung Pulkam

oleh -224 views
Ajakan lawan Covid-19 (desaind by gref)

Jakarta,—-Irjen Pol Fakhrizal mantan Kapolda Sumbar dan menjadi Cagub Perseorangan untuk Pilkada Sumbar 2020, urung pulang kampung (pulkam) ke Padang.

Irjen Pol Fakhrizal menghormati himbauan Gubernur Irwan Prayitno untuk menunda datang ke Sumbar.

“Aturannya ambo (saya) ke Padang kemarin (Senin) tapi ada himbauan supaya tidak ke Sumbar dulu,”ujar Fakhrizal ke media yang tergabung di Ikatan Wartawan Online (IWO) Sumbar, Rabu 25/3.

Padahal panggilan hati untuk bersama masyarakat Sumbar meghadapi wabah Corona Virus terus memberontak.

“Hati dan jiwa ingin ke Padang, termasuk desakan relawan dan masyarakat agar bersama kita menekan wabah Covid 19 ini. Tapi saya patuh kepada himbauan masuk Sumbar dari Gubernur Sumbar,” ujar Fakhrizal.

Bahkan pihaknya kata Fakhrizal juga sudah siap membantu masyarakat dengan menyiapkan masker dan hand sanitizer (larutan pencuci tangan).

“Saya akan coba bagaimana barang yang sudah saya kumpulkan ini sampai ke Padang dibagi segera oleh relawan ke masyarakat Sumbar, In Shaa Allah Sabtu sampai ke Padang,”ujar Irjen Pol Fakhrizal.

Fakhrizal menegaskan saat ini Sumbar masih nol kasus positif Covid 19.

“Ini mesti kita syukuri dan jaga bersama, masyarakat Sumbar yang saya cintai dan banggakan harus patuh pada protokol kesehatan diterbitkan Presiden RI bapak Joko Widodo dan tetap mematuhi arahan Gubernur dan Kapolda Sumbar,”ujar Fakhrizal.

Virus Corona belum ada obatnya, yang mesti dipatuhi seperti ditekankan WHO yakni social distancing atau physical distancing.

“Jaga jarak aman, jauhi kerumunan orang, diam di rumah, dan selalu cuci tangan baik dengan cairan beralkohol atau dengan sabun,”ujar Fakhrizal.

Urung ke Padang seorang jenderal bintang dua Irjen Pol Fakhrizal diapresiasi masyarakat Sumbar. Bahkan Ketua IWO Sumbar Khadafi Azwar acungkan jempol kepada Fakhrizal.

“Saya salut sama bang jenderal, kalau lihat pangkat dan jabatan tentu beliau bisa saja mengikuti panggilan hati untuk pulang ke Padang. Tapi Pak Fakhrizal menahannya untuk menghormati himbauan pemimpin di Sumbar, terpenting lagi untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan masyarakat Sumbar,”ujar Khadafi Azwar.

Pasalnya virus corona menurut berbagai literasi memang sulit ditebak, bisa saja orang masuk sehat menjadi carerr bagi Covid-19.

“Pokoknya keputusan Pak Irjen Pol Fakhrizal tepat dalam kondisi wabah corona ini,”ujar Koordinator Garda F Sumbar Ade Suharmansyah dihubungi media. (koko/fg-center)