Miko Kamal: Festival Batang Arau Bakal Digelar Akhir Tahun

oleh -63 views

Padang— Upaya pembenahan Batang Arau terus dilakukan. Tidak hanya pemerintah yang terlibat, komunitas masyarakat yang tergabung dalam Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau juga ikut aktif dalam membenahi sungai alirannya melewati beberapa kecamatan itu.

Pada Kamis 24/11/2022, bertempat di ruang pertemuan Istana Gubernur Sumbar, Koalisi dan beberapa relawan menggelar rapat persiapan kegiatan Festival Batang Arau yang disepakati digelar pada Sabtu 31 Desember 2022. Rapat yang dipimpin oleh Founder Rang Mudo Palito Pendidikan Melqi Hamdani itu dihadiri oleh koordinator Koalisi Miko Kamal, direktur Gilplas Sumbar, Yayasan Senarai Sumbar, Yayasan Perahu Nusantara, Pokdarwis Gunung Padang dan beberapa anggota Koalisi lainnya, sekitar 50 orang relawan yang sebagian besarnya adalah para mahasiswa serta beberapa orang perwakilan dari Jerman.

Dalam keterangannya, Koordinator Koalisi Miko Kamal menyampaikan bahwa kegiatan Festival Batang Arau terdiri dari 3 acara, yaitu bersampan-sampan di Batang Arau dengan perahu yang dihias, jual beli sampah plastik dan kuliner. “Kegiatan Festival melibatkan masyarakat lokal sebagai pelaku utama di bawah koordinasi Pokdarwis Gunung Padang”, kata Miko.

Lebih lanjut Miko menyampaikan bahwa keterlibatan atau partisipasi masyarakat dalam pembenahan Batang Arau sangatlah penting. Keterlibatan masyarakat itu, salah satunya, dilatih dengan penyelenggaraan Festival Batang Arau.

Founder Rang Mudo Palito Pendidikan menyampaikan bahwa Festival Batang Arau merupakan kerjasama antara Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau dengan Pokdarwis Gunung Padang yang dimotori oleh Rang Mudo Palito Pendidikan dan Gilplas Sumbar.

Penggerak Pokdarwis Gunung Padang Bilu menyampaikan kegembiraannya dengan rencana kegiatan Festival Batang Arau. Menurut Bilu, “Kegiatan ini bisa menjadi trigger bagi masyarakat lokal untuk senantiasa menjaga kebersihan sungai”. Bilu juga menyampaikan terima kasih banyak kepada Koordinator Koalisi Miko Kamal atas inisiasi kegiatan Festival Batang Arau.

Sementara itu, Direktur Gilplas Sumbar Alvin menyampaikan bahwa masyarakat yang berhasil mengumpulkan sampah-sampah botol plastik dapat menjualnya di lokasi kepada Gilplas Sumbar pada tanggal 31 Desember 2022 tersebut. “Masyarakat yang mau naik sampan juga bisa membayarnya dengan sampah botol plastik”, tambah Alvin.(**)