Milenial MAU Gelar Donor Darah Meriahkan HUT PMI ke 75

oleh -192 views
Atasi krisis darah, Relawan Milenial MAU gelar aksi donor darah, ayo ikutan “Donor Darah Kereeennn”. (foto: dok/rmmau)

Padang,—-Ayo kamu pengabdi kepada kemanusiaan, saat ini setetes darah anda sangat berarti selamatkan jiwa sesama, karena masa wabah stock darat PMI minim, kalau tidak kita siapa lagi yang bantu ketersediaan darah itu.

Apalagi bulan ini adalah Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI)  ke 75, monentum ikut memeriahkan dimaknai dengan aksi donor darah digelar Relawan Millenial MAU (Mahyeldi-Audy Joinaldi).

”Momentum HUT PMI ke 75 dan membantu PMI karena stok darah menipi Senin, besok (21 September 2020) dari pukul 08.00-16.00, bertempat di Posko Pemenangan Utama Mahyeldi-Audi Jl. Jend. Ahmad Yani No. 1B (depan gedung BI) Padang. ayo donor darah terutama kalangan milenial dengan menggandeng sejumlah komunitas donor darah di Sumatera Barat ini didukung jajaran PMI Kota Padang,”ujar Relawan Milenial MAU Ilham, Minggu 20/9 di Padang.

Aksi Donor Darah, dengan tagline Setets darah untuk selamatkan nyawa sesama, Donor Aman di tengah Wabah Covid-19 buah dari diskusi intlektual digelar Forum Minang Mandiri Kamis lalu.

Ketua PMI Padang, Mahyeldi, yang juga Walikota Padang, sangat mendorong berbagai kelompok atau komunitas yang ada di masyarakat untuk bekerjasama melaksanakan pengumpulan darah.

”‘Kondisi saat ini, hendaknya tidak menyerahkan seluruhnya kepada PMI, sehingga membatasi kita untuk membantu penyediaan darah yang sangat dibutuhkan,”ujar Mahyeldi saat jadi pembucara di webinar FMM itu.

Sehingga itu selaku Ketua PMI Mahyeldi menyambut baik inisiatif penyelenggaraan donor darah oleh Relawan Millenial MAU.

Sementara itu Ketua Unit Transfusi Darah PMI kota Padang, dr. Widyarman, mencatat telah ada 3 (tiga) usulan kegiatan donor darah dalam waktu dekat ini akan diadakan, yaitu di Kampus Universitas Dharma Andalas (Unidha) dan di sekitar kampus Universitas Andalas, Limaumanis.

”Akai Donor Darah Relawan Milenial MAU Senin menjadi aksi donor darah perdana di Septermber ini. Juga selain donor darah perdana pada hari senin (21/9). Salah satu output webinar yang diselenggarakan Forum Minang Mandiri (FMM) pada hari Kamis 18/9 lalu, tidak sampai 4  hari langsung di respon kalangan masyarakat. Diharapkan dengan kegiatan ini paling tidak bisa menambah stok darah yang saat ini berjumlah 500 kantong,”ujarnya.

Menurut dr Widyarman sebelum wabah korona stok cadangan darah di PMI Padang berkisar 1.000 kantong/hari, untuk pemenuhan kebutuhan rata-rata 150 kantong darah/hari di kota Padang.

”Tapi saat wabah animo pendonor jauh menyusut, sehingga stock darah di PMI selalu menipis,”ujarnya.

Aksi Donor Darah Relawan Milienial MAU besok kata Ilham mengusung tema berbau anak zaman now, share your blood save their life, diharapkan pada iven donor darah ini.

”Kami berharap dapat menggugah kaum muda dan remaja untuk ikut menyumbang ‘setetes darah, sejuta harapan’, ungkap Ilhamsyah Mirman.

Mengapa sasar anak muda Padang karena usia milenial ini lebih baik daya tahan tubuh menghadapi situasi pandemi Covid 19 seperti saat ini. sambung

“Aksi donor darah ini akan berlanjut ke berbagai daerah di Sumbar. Lubuk Basung Agam aksi berikutnya,”ujar Ilham.

Kata Ilham dari banyak literasi dan pengalaman pendonor sendiri ternyata mendonorkan darah banyak memberi manfaat bagi tubuh, di antaranya dapat membantu sirkulasi dan pembaharuan sel-sel darah dalam tubuh.

”Selain itu mengurangi resiko mengidap penyakit kanker. Manfaat lainnya, donor darah membantu menjaga kesehatan jantung dan membakar kalori serta bisa mencegah penuaan dini. Kegiatan bermanfaat yang membantu menyelamatkan nyawa manusia sehingga amat penting untuk terus dilakukan,”ujarnya.

Untuk target peserta, selain melibatkan pendonor pemula, upaya khusus mengundang dan melibatkan pendonor berpengalaman yang sudah puluhan, bahkan ratusan kali mendonorkan darahnya diupayakan dengan cara pendekatan personal. Banyak dari mereka enggan mendonorkan darahnya karena takut resiko Covid, padahal berbulan-bulan belum menyumbang darahnya, sehingga menimbulkan kegelisahan.

Maka kombinasi kedua kalangan inilah, milenial dan pendonor aktif, yang menjadi sasaran pelaksanaan kegiatan donor darah yang rencananya juga akan diikuti oleh Audy Joinaldi, pengusaha peternakan yang maju sebagai calon Wakil gubernur mendampingi Mahyeldi pada pilkada 2020.

Mudah-mudahan dengan momentum diusianya yang ke 75 ini, PMI bersama komunitas dan kelompok masyarakat dapat mengatasi ‘krisis darah’, agar tidak berpengaruh pada pelayanan dan kondisi kesehatan penduduk kota Padang khususnya, warga propinsi Sumatera Barat umumnya.

”Dengan tagline…donor darah..kerrreennn… menjadi penyemangat bagi kita semua untuk ikut berpartisipasi tentunya. Semoga,”harap Ilham.(sisca)