Miliarder Najjar Bangun Kampung Simaminggir

oleh -335 views
Milyarder Najjar bangun jalan dan kawasan pariwistaa di Ramah Batahan, tanpa bebankan pihak lain. (foto: dok/jonhar)

Pasaman Barat,—Seorang tokoh masyarakat bahkan dah setingkat kelasnya dengan miiarder, Najjar Lubis di Kejorongan Simaninggir Nagari Parit Kecamatan Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat telah puluhan tahun berpartisipasi aktif dalam mencurahkan waktu dan pikiran maupun dana pribadinya untuk membangunan Nagari Parit.

Partisipasinya dalam membangun berbagai sarana di Nagari Parit ini sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Hal ini terlihat bukan saja pembangunan sektor sarana dan prasarana jalan yang menghubungkan jorong Simaninggir ke jorong Air Geringging hingga ke Penggambiran, tapi juga ia membangin sebuah sektor wisata yang diberi nama Fridon.

Sektor wisata Fridon dibangun Najjar tersebut sangat luas sebab antara lain di dalamnya sudah dibangun kolam ikan yang luasnya mencapai lebih dari 25 hektar, arena dayung sampat sepanjang 1 km dengan luas 100 m dan juga arena arung jeram sepanjang 7 km, ditambah lagi di arena wisata Fridon itu ada arena sirkuit cross permanen yang di sekitarnya terlihat berbagai tanaman buah.

Menurut Najjar, membuka areal seluas itu, semua dilakukan dengan menggunakan dana dan alat berat miliknya sendiri.

Najjar Bukan juga membangun 2 jalur jalan akses pertanian di jorong Simaninggir, yakni satu jalur jalan lebih kurang Sepanjang 7 km menuju area transmigrasi Aek Nabirong dan satu jalur lagi ia bangun sebelum ada transmigrasi sepanjang lebih kurang 15 km sebagai akses pertanian yang sekarang di pergunakan untuk jalan warga transmigrasi setempat.

Belum lagi satu jalan dari jorong Aek Nabirong menuju Kampung Pinang menghubungkan jalan dari Sawah Mudik, yakni sebagai jalan akses pertanian masyarakat di pinggir sungai Batang Batahan sepanjang lebih kurang 10 km.

Dikatakannya, semua itu ia lakukan hanya semata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Ranah Batahan khususnya warga Simaninggir.

Berdasarkan informasi dari warga sekitar Nagari Parit, Najjar sebagai tokoh yang dekat dengan masyarakat ini juga selalu aktif melakukan perawatan jalan dari Silaping hingga ke Ujung Batu jorong Simaninggir.

Bahkan menurut mereka, kegiatan perawatan jalan ini ia lakukan terutama bila menjelang hari Raya Idul Fitri, seperti melakukan pembersihan bahu jalan dari jorong Tambang Padang hingga ke jorong Simaninggir.

“Semua kegiatan pembanguna sarana prasarana, saya berupaya tidak merepotkan pihak lain, fermaauk pemerintah,” ujar Najjar, Selasa 4/5-2021.(jonhar)