Minimarket Daniel dengan Strategi Pemasaran 4P

oleh -130 views
Minimarket Pak Daniel (dok)

Oleh: Lucyana Erdaningsi dan Ferdinal

Civitas Akademica Unand

MINIMARKET Daniel di Pesisir Selatan menerapkan metode 4P dalam menjalankan bisnis untuk menjaring lebih banyak pembeli. Strategi pemasaran menarik yang baru-baru ini diterapkan memperhatikan 4 hal, yaitu produk yang tepat (Product), harga yang efektif (Price), lokasi yang strategis (Place), dan promosi yang menarik (Promotion).

Minimarket Daniel menawarkan produk kebutuhan sehari-hari seperti sabun, susu, snack, beras, telur dll. Produk yang dijual dalam kondisi baik, tidak rusak dan tidak kadaluarsa. Produk kebutuhan sehari-hari disesuaikan dengan tingkat kebutuhan masyarakat akan produk lebih tinggi dibanding produk lain.

Faktor harga dalam menjual produk sangatlah penting, mengingat banyaknya pesaing di sekitar. Harga produk yang diberikan Minimarket Daniel relatif murah dan terjangkau di kantong masyarakat umum. Harganya dipatok sesuai dengan harga di pasaran, sehingga tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal.

Lokasi Minimarket Daniel sangat strategis yaitu terletak di depan pasar tradisional Balai Selasa dan berada di pinggir jalan Lintas Sumatra, sehingga dilalui banyak orang. Minimarket Daniel juga dekat dengan perumahan warga dan memiliki parkiran yang cukup. Bagi Minimarket ini, produk harus dipromosikan, seperti yang sudah diterapkan banyak usahawan,

“Tidak ada produk atau barang yang tidak laku, yang ada hanyalah yang tidak dipromosikan secara maksimal” tulis JongkoDerul.com

Promosi yang menarik sangatlah penting dalam berbisnis. Dalam mempromosikan Minimarketnya, Pak Daniel memilih media sosial sebagai medianya. Dengan meng-upload foto dan video tentang Minimarketnya dengan kata-kata yang menarik. Banyak pelanggan yang datang karena penasaran dengan iklan yang mereka lihat di media sosial. Minimarket Daniel juga memiliki papan nama, sehingga akan lebih memudahkan ketika dicari.

“Awalnya saya cuma iseng-iseng meng-upload video dan foto Minimarket saya ke media sosial, ternyata banyak yang memberikan komentar positif dan banyak pelanggan yang datang katanya penasaran dengan video dan foto yang saya unggah” ujar Pak Daniel.

Selain itu, Minimarket Daniel juga di tata serapi mungkin dan menggunakan rak-rak agar produk lebih terpampang dan memudahkan pelanggan dalam mencari produk yang ingin dibeli.

“Karena Minimarket saya tidak terlalu luas, jadi saya menggunakan rak-rak yang tinggi agar produk bisa muat banyak dan ditata serapi mungkin sehingga enak dipandang. Karena saya percaya, sesuatu yang enak dipandang akan memberikan kesan positif pada orang yang melihatnya” tambah Pak Daniel.

Dengan menerapkan metode 4P ini, Pak Daniel mampu meningkatkan penjualan di Minimarketnya yang sebelumnya sempat menurun karena pandemi Covid-19. Pak Daniel berharap semoga kedepannya penjualan terus meningkat dan pandemi Covid-19 segera berlalu.(analisa)