MTBM Zul Evi Astar Dt Asa Batuah, Kinari Duka Lara, Calon DPD Peduli

oleh
Calon DPD RI seperti tercatat di DCS Calon Perseorangan Pemilu 2019, Zul Evi Astar berbaur dengan masyarakat korban banjir bandang, Nagari Kinari, kabupaten Solok, Sabtu 8/9 (foto: timmedia-zea)

HUJAN deras sejak pukul 17.00 sore sampai jam 22.00, Jumat malam, pada pukul 21.00 Wib, tiba-tiba air sungai meluap dan mengakibatkan banjir bandang, pada saat kejadian warga tidak sempat meyelamatkan barang. Bahkan ada terjebak banjir.

Nagari Kinari Kabupaten Solok sekejap pun duka lara, nagari yabg terdiri dari 4 jorong,  Jorong Pamujan (terparah), Jorong Tapi Aia (parah) Jorong Galanggang Tinggi dan Jorong Bungo Arum. Mendengar musibah mendera Kinari, Calon DPD RI untuk Pemilu 2019, Zul Evi Astar Dt Asa Batuah terhenyak dan tidak pikir panjang langsung ke lokasi bencana untuk berbuat apa saja membantu masyarakat ditimpa bencana.

“Saya langsung ke lokasi  bencana untuk Mendekatkan Telinga ke Bibir Masyarakat (MTBM), banjir besar semalam telah berdampak 500 rumah rusak, satu unit rumah hanyut,”ujar Zul Evi Astar.

Zul Evi spontan melihat kondisi masyarakat, satu unit mobil, air min34ql botol untuk masyarakat di nagari Kinari.

Tak hanya rumah warga rusak, bahkan sarana dan prasaraba publik juga dihantam banjir.

“Kantor Wali Nagari beserta sarana prasarana lain di nagari  juga rusak oleh banjor, seperti puskesmas, sekolah, mushala, bendungan dan heler padi, serta hewan ternak masyarakat. Dan yang nemprihatinkan sawah masyarakat yang siap panen ikut dilanda banjir,”ujar Zul Evi Astar.

Dari tinjauan untuk peduli korban tadi, Zul Evi Astar mengungkapkan bahwa masyarakay korban banjir kondisihya memprihatinkan.

“Banyak kebutuhan tidak didapat korban banjir, mendesak saat ini, kebutuhan air bersih dan air minum untuk keperluan masyarakat nagari,”ujarnya.

Meski begitu, saat MTBM Zul Evi Astar ada terselip kebanggaan kepada nagari yang diterjang banjir Itu, pemimpin di nagari kuat hadapi musibah.

“Saya bangga, Wali Nagari Kinari sangat kuat dalam menghadapi dan mengkoordinasikan musibah ini keberbagai kalangan masyarakat,”ujar Pamong Senior  dengan jabatan ASN terakhir Wakil Sekjend DPD RI.

Selain itu Zul Evi berharap solidaritas semua pihak dan masyarakat korban menguatkan persatuan untuk bangkit lagi dari musibah ini.

Dan Sabtu 8 September 2018, Zul Evi Astar hadir ditengah sibuk nya masyarakat Nagari Kinari berbenah membersihkan lingkungan dari tumpukan lumpur yang melekat di berbagai tempat.

“Masyarakat nagari tidak mau larut didera musibah, siang masyarakat bergotong royong bersihka material banjir,”ujar Zul. (rilis: timmedia-zea)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *