Muhammad Rahmad Inisiasi Tanam Jagung Massal di Limapuluh Kota

oleh -96 views
Tokoh Limapuluh Kota Muhammad Rahmad Sabtu 9/8 cek lokasi penanaman massal.jagung, Senin besok 22/8 dihadiri Wagub Sumbar Nasrul Abit. (foto: dok/mc-mr)

Limapuluh Kota,—Masih impornya jagung ke negeri gemah ripah lo jinawi, tokoh rantau Limapuluh Kota Muhammad Rahmad menginisiasi tanam jagung.massal.

Rencananya, Senin 12/8 depan, aksi nyata Muhammad Rahmad bersama wargadi Baruah Namang / Baruah Kubang, Jorong Talago, Kenagarian VII Koto Talago, akan dilakukan penanaman perdana jagung di lahan kosong.

“Senin, dan Insya Allah tanam massal jagung dihadiri Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit. Pak Wagub sudah berkenan hadir, dan mudah-mudahan kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar,” ujar M. Rahmad, yang saat Pileg 2014 pernah menjadi Calon Anggota DPD RI Dapil Sumbar.

Menurut M. Rahmad, saat ini ada 62.000 hektar lahan terlantar di Limapuluh Kota, dan bisa manfaatkan untuk ditanami jagung.

“Kebutuhan akan jagung masih belum bisa terpenuhi oleh petani lokal, makanya pemerintah melakukan impor. Jadi bertanam jagung itu pasarnya masih terbuka lebar,” ujar M. Rahmad diinfoka. Maju Cabup Limapuluh Kota pada Pilkada 2020.

Saat penanaman perdana Srnin besok itu, sebut M. Rahmad, diundang juga camat, walinagari, kelompok tani se-Kabupaten Limapuluh Kota, dan komunitas-komunitas yang konsen dengan pemberdayaan petani.

Kemudian, bersamaan dengan Wagub Nasrul Abit, rencananya ikut Kadinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, serta Kadinas Peternakan Provinsi Sumbar. Dan dari Limapuluh Kota, turut diundang Forkompimda, serta Ketua dan sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Limapuluh Kota.

Tanam jagung perdana di Kenagarian VII Koto Talago ini, akan menjadi awal dari penanaman berikutnya di nagari lainnya.

“Ada dua varietas jagung yang akan kita kembangkan, dan dalam 100 hari sudah bisa panen. Mudah-mudahan penanaman ini bisa meningkatkan perekonomian para petani di Limapuluh Kota,”ujar M. Rahmad yang pernah menjadi penulis pidato Presiden SBY dulu itu. (rilis: mc-mr)