Mulyadi Proyeksikan UMKM Jadi Pendongkrak Ekonomi Sumbar

oleh -165 views
Ir H Mulyadi pastikan UMKM menjadi triger penggerak pertumbuhan ekonomi Sumbar kedepan. (foto: dok)

Padang,—Anggota DPR Ir. H. Mulyadi, yang kini merupakan calon kuat Gubernur Sumbar, berkomitmen mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) masyarakat. Karena Mulyadi ingin UMKM di Sumbar dapat menjadi penopang utama dari perekonomian masyarakat.

Menurutnya, UMKM masyarakat di Sumbar memiliki potensi untuk lebih dikenal secara nasional dan internasional, karena memiliki kekhasan dan mutu yang bisa terus ditingkatkan.

“UMKM kita sudah baik, mari kita tingkatkan mutu dan kemasannya, sehingga pasar terus meluas,” kata Ir. H. Mulyadi mengawali percakapan di hari Jum’at 21/2 ini.

Sesuai statistik Sumbar, jumlah UMKM ada sebanyak 593.100. Dari jumlah tersebut, terdiri dari mikro sebanyak 531.350 atau 89,59 persen. Sedangkan pelaku usaha kecil sebanyak 53.431 atau 90,1 persen, pelaku usaha menengah sebanyak 7.990 atau 1,33 persen dan untuk pelaku usaha besar sebanyak 419 atau 0,007 persen.

“Mendorong UMKM menjadi lebih baik, lebih laku dan luas pemasarannya, sama dengan menolong pelaku usaha kecil yang jumlahnya sangat banyak,”ujar Anggota DPR RI tiga periode ini.

Kata Mulyadi, sebagai putera asli Sumbar dia harus mendukung dan mengarahkan potensi UMKM Sumbar agar bisa dikenal hingga ke mancanegara.

Pada sisi inilah pemerintah daerah harus hadir agar sektor UMKM masyarakat menjadi lebih bermutu, lebih dikenal dan meningkat pasarnya. Pasalnya, tanpa dukungan dari pemerintah, sektor perekonomian masyarakat kecil kesulitan untuk berkembang.

“Jika diberikan amanah masyarakat untuk menjadi Gubernur Sumbar, segala upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat akan saya dukung, terutama UMKM ini. Pemerintah akan terlibat dan berada di depan untuk ini,”ujar Mulyadi, yang bersosialisasi di kabupaten/kota sekaligus untuk mendengarkan harapan masyarakat.

Sementara, pelaku UMKM Sumbar Priska Partanah menyatakan mendukung komitmen ke UMKM yang dimiliki oleh Ir. H. Mulyadi yang calon gubernur ini. Selaku pegiat usaha kuliner di Kota Padang ia sangat memahami bahwa kehadiran Pemda sangat dibutuhkan agar sektor perekonomian seperti UMKM.

“Sangat tepat jika Pak Mulyadi yang perhatian pada UMKM, ini saya dukung,” kata Priska Partanah optimis.

Bagi pelaku UMKM, seperti pengrajin mukenah dan sulaman indah Naras di Pariaman, komitmen Ir. H. Mulyadi disambut dengan gembira.

“Gubernur yang peduli UMKM sudah lama kami dambakan, sebagai tempat kami mengadu,” kata Uniang Erni yang senang dengan pose turun tangan dari Ir. H. Mulyadi.

Sementara itu dari berbagai literasi diihimpun media ini ternyata siapa saja pemimpin Sumbar setelah Irwan Prayitno harus tetap prioritaskan pariwisata dan UMKM. (*rls/iko)