Muprov KADIN Sumbar, Caketum Maju Harus Siap Menang dan Kalah

oleh -85 views
Haji Is Prima berhadap Muprov KADIN Sumbar 26-27 September menjadi musyawarah terbaik organisasi pengusahan di Indonesia. (dok)

Padang, —Akademisi dan juga pengusaha Dr Ir H Is Prima Nanda Rangkayo Ganto Suaro, MT sangat menanti ujung Muprov KADIN Sumbar 26-27 September 2022.

Is Prima berharap musyawarah pengusaha Sumbar  bisa berjalan dengan lancar dan mampu memilih ketua secara demokratis dan terbuka.

“Aspirasi para pihak sudah diakomodir, dengan pertemuan yang difasilitasi KADIN Pusat. Di mana diputuskan kepanitiaan Muprov dirombak, dan semua pihak masuk ke dalamnya. Jadi silahkan saja bagi yang berniat maju menjadi ketua, bertarung dengan fair, dan harus legowo sekiranya kalah,” ujar Is Prima Nanda, Kamis 22/9-2022.

Menurut Is Prima Nanda, konflik yang berkepanjangan hanya akan menghabiskan energi. Muprov KADIN adalah wadah untuk memilih pengurus sekaligus penyelesaian masalah-masalah yang ada berdasarkan aturan main yang ada di organisasi.

“Saya pun banyak organisasi yang dimasuki, dan kadang ikut pemilihan ketua. Tetapi ketika kalah, saya siap mendukung yang menang. Ya siap menang, harus siap pula kalah,” tukasnya, sembari menyebutkan termasuk saat kalah dalam kontestasi Pilkada di Kota Pariaman.

Untuk menghindari konflik, sebut Pak Haji, demikian Is Prima Nanda akrab disapa, panitia harus bersikap fair, dan bekerja sesuai dengan aturan organisasi serta tata tertib (Tatib) yang ada. Begitu juga dengan para pimpinan sidang, harus adil dan tidak memihak.

Di samping KADIN, Is Prima Nanda juga aktif di berbagai organisasi, baik profesi maupun kemasyarakatan, seperti HIPMI, Aspanji, KNPI, PKDP, dan pernah pula menjadi Ketua IMI Sumbar selama dua periode.

Menjelang Muprov VII Kadin Sumbar, dikabarkan ada 2 orang bakal calon ketua yang sudah mendaftar, yakni inkumbent Ramal Saleh (Ketua KADIN Sumbar) dan Buchari Bachter (Anggota Dewan Pertimbangan KADIN Sumbar/Dirut PT Balairung Jaya Sumbar). Keduanya sudah berusaha untuk melengkapi syarat-syarat yang telah ditetapkan Kadin.

“Kedua bakal calon ketua, Ai (sapaan akrab Buchari Bachter ; red) dan Pak Ramal Saleh, saya kenal dekat. Jadi saya harap mereka bisa bertarung secara fair, dan elegan. Siapa yang kalah nantinya, siap mendukung yang menang untuk bersama-sama membesarkan Kadin Sumbar ke depan,”ujar Pak Haji Is Prima Nanda, yang juga dosen di Fakultas Teknik Unand.

Lanjut Is Prima Nanda, mari sudahi konflik-konflik yang tidak ada gunanya. Dengan kekuatan dan potensi yang ada pada KADIN Sumbar, Is Prima Nanda yakin para pengusaha bisa berkontribusi besar di dalam meningkatkan perekonomian Sumbar pasca pandemi Covid-19. (sa)