Musda Aliansi BEM se Sumbar, UNAND jadi Kordinator Pusat

oleh -1,083 views
oleh
1,083 views
MUSDA Aliansi BEM se Sumbar ketok palu, UNAND jadi Koordinator Pusat. (Icha)

Padang,—-Puluhan kampus yang tergabung pada Aliansi BEM se-Sumbar mengikuti Musyawarah Daerah ke-VII dengan tuan rumah Universitas Negeri Padang.

Musyawarah Daerah (Musda) berlangsung selama empat hari, 21-24 Desember 2023. Musda tidak hanya dihadiri oleh kampus yang sudah bergabung, tetapi juga kampus yang ingin bergabung dan diakhir Musda akan dilantik menjadi anggota.

Saat Musda, kampus-kampus yang menjadi pengurus inti pada periode sebelumnya akan melaporkan dan mempertanggungjawabkan program kerja yang sudah dilaksanakannya selama setahun kepengurusan.

Pengurus inti terdiri dari Koordinator Pusat, Koordinator Isu, tiga Koordinator Daerah, Koordinator Forum Perempuan, dan dibantu oleh Koordinator Media. Koordinator Pusat atau Korpus merupakan jabatan struktural tertinggi di Aliansi BEM SB.

Berdasarkan hasil Musyawarah Daerah ke-VII, BEM KM Unand terpilih sebagai Koordinator Pusat yang akan menahkodai arah gerak BEM se Sumbar kedepannya. Pemilihan Korpus dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disepakati forum yang hadir pada Musda.

“Dengan diselenggarakannya Musda, harapannya relasi dan pertemanan menjadi jalinan silaturahmi yang kemudian dapat membantu memperkuat gerakan kedepannya di BEM se Sumatera Barat” ucap Yodra Muspierdi, Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND periode 2022/2023, kepada media Rabu 27/12-2023.

Ia menambahkan, Korpus bukan soal kepentingan, Korpus merupakan jabatan struktural yang harus difungsikan sebagaimana mestinya. Saran dan masukan yang ada terhadap kepemimpinan sebelumnya menjadi evaluasi korpus terpilih untuk membangun nuansa baru di ALIANSI BEM SB 2023/2024.

Firdaus, Presiden Mahasiswa BEM KM UNAND periode 2023/2024 terpilih yang baru dilantik dan turut menghadiri Musda ini juga ikut memberikan komentarnya.

Daus berpesan agar semua kampus yang tergabung dalam Aliansi BEM se Sumbar dapat bersama-sama bahu-membahu membangun gerakan ini, merawat narasi persatuan dan kesatuan aliansi BEM se-Sumbar.

“Semoga dengan adanya pergantian estafet kepemimpinan ini menjadi semangat baru untuk melakukan inovasi dan eskalasi gerakan yang lebih baik lagi demi kemajuan Sumatera Barat. Korpus tentunya tidak bisa bergerak sendiri tanpa bantuan dan dukungan dari kawan-kawan di BEM SB. Semoga ke depan, aliansi BEM se-Sumatera Barat semakin solid, dan juga kompak. Terima kasih atas kepercayaannya kepada Unand dan terima kasih kepada UNP selaku tuan rumah yang telah bekerja keras demi terselenggaranya Musda ini,*ujar Daus. (icha)