Musda IV Demokrat Sumbar, Mulyadi Calon Kuat

oleh -1,090 views
oleh
1,090 views
HM Nurnas, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar pastikan Agustus Musda IV digelar, Minggu 16/7 di Padang.
HM Nurnas, Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar pastikan Agustus Musda IV digelar, Minggu 16/7 di Padang.

Padang,—Partai Demokrat Sumbar secara bathin siap menghadapi agenda politik kedepan, Pilkada serentak 2018 dan Pileg/Pilpres 2019.

“Tapi harus ada gerakan kejut cepat, sehingga kader tidak ragu untuk bergerak,”ujar Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar HM Nurnas kepada wartawan di sebuah cafe di Kota Padang, Minggu 16/7.
Untuk percepatan konsolidasi partai, HM Nurnas pastikan DPD Partai Demokrat patuh kepada deadline Musda yang ditetapkan DPP.
“Musda ke empat deadlinenya Agustus, DPD Demokrat Sumbar siap laksanakan, kini menunnggu jadwal hari H Musda yang ditetapkan oleh DPP,”ujarnya.
Terkait calon yang akan menjadi Partai Demorat 1 Sumbar, HM Nurnas pastikan banyak kandidat siap rebut pimpinan partai besutan Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.
“Banyak tapi pola Musda di Demokrat trend-nya berubah tidak boleh ada money poltik atau jual beli suara, terbukti calon yang memberi dan menerima kena sanksi,”ujarnya.
Sejumlah nama.disebut akan maju di Musda IV Partai Demokrat ada Josrizal Zein (incumbent), Eka Putra (Wabendum DPP) putera asli Lintau, Mulyadi (Wakil Ketua Komisi VII DPR RI), selain itu figur lokal Demokrat sendiri seperti Yul Tekhnil (Ketua DPRD Sumbar periode 2009-2014), Arkadius (Wakil Ketua DPRD Sumbar periode 2014-2019) dan HM Nurnas (Ketua Komisi IV DPRD Sumbar), putera Padang Pariaman.
“Dari sekian kader potensi itu, nampaknya kursi pimpinan DPD Partai Demokrat Sumbar mengarah kepada Pak Mulyadi, sekarang kader dan pemilik suara di Musda bersifat menanti apakah Pak Mulyadi bersedia atau tidak,”ujar Nurnas.
Terkait nama Nurnas disebut, Ketua Komisi IV DPRD Sumbar ini mengelak dengan politis.
“Saya tidak terlalu menginginkan ketua, yang penting bagi saya dan banyak kader, Partai Demokrat harus merebut kembali kejayaan seperti capaian 2009 dan 2014,”ujarnya.
Menurut HM Nurnas mengembalikan kejayaan bagi Demokrat bukan kerja ringan, apalagi agenda politik kedepan berdekatan.
“Seperti saya tekankan tadi daya kejut itu Musda, surat kesiapan DPD Sumbar gelar Musda sudah disampaikan ke DPP Partai Demokrat, menunggu hari H ditetapkan DPP,”ujar Nurnas.
Kalau Musda sudah selesai dan ketua Sumbar sudah terpilih, kata Nurnas partai menjadwalkan Muscab kota dan kabupaten.
“Deadline Muscan DPP tetapkan September sudah tuntas digelar,”ujarnya.
Sepertinya untuk percepatan konsolidasi ini, DPD Sumbar tiru provinsi lain, yakni Muscab serentak.
“Teknisnya bisa saja Kota dan kabupaten melakukan pra Muscab untuk mengerucutkan saat Muscab serentak baru dilegitimasi, pola sudah banyak provinsi melaksanakannha,”ujar Nurnas.
Menjelang Musda dan Muscab di Sumbar itu, HM Nurnas mengajak kader untuk memupuk terus rasa ber-demokrat.
“Jadi kader itu tidak mau Pileg saja, tapi berkerja mengibarkan panji partai setiap hari, kondisi politik kedepan makin ketat maka kader teruji yang akan dilirik partai nantinya,”ujar Nurnas. (*rilise)