Muskomwil I APEKSI di Pekanbaru, Mahyeldi Apresiasi Kemajuan Pekanbaru

oleh -516 views

KOTA Pekanbaru pada 1-3 Februari lalu dipercaya sebagai tuan rumah perhelatan Musyawarah Komisariat Wilayah Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Muskomwil I Apeksi).

Pelaksanaan di Pekanbaru mendapat banyak pujian dan apresiasi dari berbagai pihak, terutama dari 24 Walikota di lima Provinsi se Sumatera yang hadir di kota itu.

Sebagai daerah studi banding, Pekanbaru juga mendapat pengakuan memiliki kemajuan dan perkembangan yang cukup pesat, hal tersebut terbukti saat Pemerintah Kota Pekanbaru mempromosikan program yang saat ini menjadi visi misi Pekanbaru yakni program Smart City, di mana pada program Smart City terkandung enam pilar yang bermakna seperti, masyarakat, perekonomian, pemerintahan, lingkungan dan kehidupan yang pintar (smart).

Ketua Komwil I APEKSI Periode 2017-2018 Mahyeldi Ansyarullah hadiri Muskomwil di Pekanbaru 1-3 Februari (foto:dok)

Walikota Padang sekaligus Ketua Komwil I Apeksi periode 2015-2018 H Mahyeldi Ansharullah SP menjadi salah seorang yang mengapresiasi atas kemajuan Pekanbaru dari berbagai aspek yang dilihat secara langsung di Kota Pekanbaru dan menjadikan contoh bagi masing-masing daerah yang hadir pada perhelatan yang mengangkat tema “Kesiapan Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menjaga Keberlanjutan Program Pembangunan Daerah.

“Kita sudah lihat secara langsung perkembangan dan kemajuan dari berbagai sektor di Pekanbaru saat ini, baik dari segi pembangunan, kagum dengan tatanan kota yang bersih bahkan kita juga apresiasi dengan rencana kerja Pemko Pekanbaru yang tersistem, di mana Pemko Pekanbaru memiliki program smart city-nya sehingga semua pekerjaan yang ada di lingkungan pemerintah kota Pekanbaru bisa terkoneksi satu dengan yang lainnya dengan baik, sehingga program-program seperti itu layak untuk kita bawa ke kota masing-masing,”ujar Mahyeldi menyarankan sembari memuji.

Mahyeldi Ansyarullah serahkan memeri tugas kepada ketua baru Walikota Pekanbaru Firdaus. (foto: dok)

Tidak hanya sampai di situ, apresiasi kembali dilontarkan saat Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (APEKSI), Hj. Airin Rachmi Diany beserta rombongan saat melakukan peninjauan Pekanbaru Commad Center yang berada di Kantor Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kota Pekanbaru di Jalan Pepaya Pekanbaru.

Muskomwil I APEKSI di Pekanbaru (foto: dok)

Peninjauan Pekanbaru Commad Center tersebut merupakan bagian kecil dari rangkaian kegiatan Muskomwil I Apeksi 2018.

Menurut Hj Airin, Pekanbaru semakin maju dari berbagai aspek, tidak hanya aspek pembangunan, aspek IT juga perlu jadi percontohan, yakni dengan program Commad Center, tetapi juga tertarik dengan adanya smart card yang multi fungsi, mulai dari prabayar, ATM, identitas dan lainnya.

“Pekanbaru jauh lebih baik dan lebih maju dari yang sebelumnya saya lihat, mulai dari penerapan kecanggihan IT seperti adanya Pekanbaru Commad Center, kemudian Smart Card di mana satu kartu yang kaya fungsi tentunya sangat membantu, karena tidak hanya untuk tabungan tapi juga bisa digunakan untuk mendapatkan fasilitas pelayanan lain bahkan untuk pembayaran masuk jalan tol sekalian, gebrakan pemerintah kota Pekanbaru sangat bagus untuk dijadikan contoh bagi peserta Apek,”ujar Airin.

Peserta Muskomwil I APEKSI di Pekanbaru 1-3 Februari (foto: dok)

Pada Muskomwil I ini, ada sederet agenda yang dipamerkan, mulai dari aspek budaya, lingkungan hingga pemerintah, serta yang paling inti dari agenda ini yaitu pemilihan pengurus baru, dimana berdasarkan sidang pleno, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus terpilih secara aklamasi sebagai ketua Komisariat Wilayah I APEKSI Sumatera yang dipimpin Walikota Banda Aceh, H Aminullah Usman SE Ak MM.

Lalu ada juga agenda City Tour bagi peserta, dengan mengunjungi sejumlah tempat di Pekanbaru. Lebih meriahnya, pada hari terakhir perhelatan APEKSI digelar Pawai Budaya dengan rute start di Jalan Gajah Mada ke Jalan Cut Nyak Dien sebagai titik finish.

Di sana juga ada City Expo, di mana diberi kesempatan untuk UMKM memaparkan produk-produknya. Bagi masyarakat Pekanbaru juga bisa hadir dan melihat langsung. Bahkan untuk agenda ini meriah dan dihadiri banyak massa, mencapai belasan ribu orang.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Dr Firdaus tidak memungkiri bahwa sejumlah apresiasi atau dukungan atas program kerja, kemajuan dan perkembangan di Pekanbaru tidak terlepas dari kerjasama dari masyarakat Kota Pekanbaru.(advtorial)