Nadiem Makarim Lantik Prof Yuliandri, Ini Pesan Mendikbud kepada Rektor Unand

oleh -785 views
Mendikbud Nadiem Makarim pasangkan kalung jabatan Rektor kepada Prof Yuliandri SH MH, Senin 25/11 di Gedung A Kemendikbud Jakarta. (foto: wag/ika-unand)

Jakarta,—Gedung A Kementerian Pendidikan dan kebudayaan (Kemendikbud) Senin siang terasa lain. Suasana khidmat kentara sekali terasa saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengambil sumpah tiga Rektor Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tiga Rektor dilantik dengan memasangkan kalung kebesaran jabatan Rektor kepada Prof Dr Yuliandri, SH, MH sebagaiĀ  Rektor Unand. Serentak pelantikan dua Rektor lain Universitas Lampung dan Universitas Pattimura.

Menteri Nadiem Makarim juga mengucapkan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan kerja keras tiga Rektor sebelumnya, yang telah menyelesaikan masa tugas dengan baik sebagai rektor universitas masing-masing.

“Dan selamat bertugas kepada tiga Rektor yang baru dilantik atas amanah yang diemban demikian berat untuk membangun Indonesia,”ujar Nadiem Makarim Senin 25/11.

Di sambutannya Nadiem Makarim menyampaikan pesan sebagai pengantar tugas tiga Rektor.

“Jalankan Tri Darma Perguruan Tinggi, pertama Rektor harus mendidik yang dapat menghasilkan pemimpin bangsa,”ujar Nadiem Makarim dikutip dari laman facebook Prof Wery Darta Taifur.

Kedua kata Nadiem, Rektor harus mengevalusi Prodi-Prodi yang tidak diserap dunia kerja atau yang menciptakan pengangguran.

“Ketiga menyerderhanakan birokrasi, terus keempat Rektor harus Proaktif mengikuti dan menerapkan perkembangan teknologi. Dan kelima, Rektor mesti mampu Meningkat kerjasama untuk membangun bangsa,”ujar Nadiem.

Suasana pelantikan Rektor menjadi terasa lain karena Prof Yuliandri menjadi Rektor pertama dari Fakultas Hukum sejak Unand berdiri, sehingganya pelantikan Prof Yuliandri selain didominasi kolega sesama guru besar di Unand juga pentolan Alumni Fakultas Hukum Unand terliihat di acara pelantikan

Juga tampak di kursi tamu kehormatan Ketua dan Hakim Mahkamah Konstitusi, anggota DPR RI, Wamen Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Dr Fasli Jalal, Prof Dr Ir Musliar Kasim, Manten Sekjend MK, Dirjend.

Dari Unand hardir Penangggungjawab dan Ketua Panitia Pemilihan Rektor Unand 2019-2023, Prof Dr Werry Darta Taifur dan Prof Dr Eva Decroli, para Wakil Rektor, para Dekan, Kabiro dan unsur lainnya di lungkungan Unand. Termasuk hadir Mahmud yang selama ini bertugas dengan setia pada Sekretariat Rektor.

Juga pelantikan Rektor Unand dipelototi oleh Tokoh dan Sesepuh Minang di Jakarta seperti Fahmi Idris, Syahrul Ujud, Sadiq Passdigue dan pengurus IKA Unand dan lainnya.

“Jasa Pak Tafdil selama menjadi Rektor sangat baik dan menjadi amaliah bagi beliau, kepada Rektor Unand yang baru Prof Dr Yuliandri, SH. MH dapat menjalankan amanah dan memajukan Unand yang bertaraf internasional,”ujar berbagai pihak yang hadir usai acara pelantikan. (rilis: ika-fhua/kutip)