Nagari Sungai Dareh Termeriah Sambut Hari Kemerdekaan

oleh -43 views
Kabag Humas Budi Waluyo ditugaskan Sekda Dharmasraya keliling pantau kemeriahan sambt HUT RI, Selasa 6/8 (foto: hms-dms)

Dharmasraya,—Peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Dharmasraya benar benar meriah. Setiap jorong, nagari, kecamatan hampir dipastikan sudah menghias diri dengan pernak pernik bernuansa merah putih.

Dua kepala bagian (Kabag) yang mendapat tugas memantau kemerahan HUT ibu pertiwi di Kabupaten adalah Kabag Tata Pemerintahan dan Otda Asril, AP., M.Si dan Kabag Humas Budi Waluyo, S.PKP. Atas perintah orang nomor satu di Sekretariat Daerah, dua Kabag itu turun ke lapangan untuk memantau kemeriahan peringatan HUT Republik ke 74 tahun ini.

Kunjungan pertama dilakukan ke kantor Dinas Pendidikan di Sungai Dareh. Di kantor yang dinakodai Marius, S.Pd., MM terlihat sudah nampak tanda tanda peringatan ulang tahun republik. Spanduk sudah dipasang sesuai presedur. Rempel merah putuh meski cuma pendek sudah terpasang. Cuma saja, dinas itu belum punya kegiatan lomba dan pertandingan yang akan digelar secara internal

Asril dan Budi kemudian menuju ke Dinas Pangan dan Perikanan. Plt. Sekretaris Dinas Pangan dan Perikanan Dodi Sandra, S.Pt., M.Si menyebut, dinasnya akan menggelar berbagai kegiatan terkait dengan peringatan HUT RI ke 74. Salah satu di antaranya lomba sepak takraw, lomba makan kerupuk dengan satu kaki. Dinas Pangan dan Perikanan juga akan menggelar bazar murah untuk memeriahkan HUT RI tahun ini.

Meski posisi kantor berada kawasan pedalaman, namun kemeriahan peringatan HUT RI begitu terasa. Nuansa merah putih menghiasi kantor yang mengurus pangan masyarakat itu.

“Kalau masih ada yang kurang, sampaikan saja kepada kami,” kata Dodi yang asli putra Sungai Dareh itu.

Pemantauan kemeriahan HUT RI di Kabupaten Dharmasrsya berlanjut ke Nagari Tabiang Tinggi. Di nagari yang dipimpin Seprianedi, S.Kom itu suasana bulan kemerdekaan juga cukup terasa. Kantor walinagari yang berada di sisi lintas sumatra lumayn meriah hiasannya. Ada spanduk, bendera dan marawa. Di nagari itu juga digelar aneka lomba olahraga, antara lain lomba vollybal antar nagari.

Di Kecamatan Sitiung, terpantau persiapan upacara 17 Agustus sudah dimulai dengan latihan pengibaran bendera pusaka.

“Kita sedang menyiapkan pasukan pengibar bendera yang akan bertugas di kecamatan,” kata Peltu Agusliwanto, Bintara Tinggi yang bertanggungjawab melatih Paskibra di Kecamatan Sitiung.

Nagari Sitiung tak ketinggalan. Menurut Walinagari Julisman Piliang, pihaknya sudah lama memulai kegiatan peringatan HUT RI, antara lain pertandingan sepakbola antar club dan ada juga lomba voly antar jorong.

Pemantauan kemeriahan HUT RI diakhiri di Nagari Sungai Dareh. Di nagari yang dipimpin Walinagari Hendrianto, SE itu boleh dibilang paling meriah dan paling banyak partisipasi masyarakatnya. Sungai Dareh mengawali kegiatan peringatan HUT RI dengan mengundang Ketua TP PKK Kabupaten Ny. Dewi Sutan Riska untuk membuka acara.

Setiap hari ada saja kegiatan yang ditampilkan. Ada senam massal yang diikuti ratusan warga, ada juga lomba volibal yang akan dipusatkan di Koramil Pulau Punjung. Hari ini ratusan warga Sungai Dareh disuguhi dengan acara lomba solo song antar jorong.

 

“Ini untuk menyalurkan bakat warga. Biar tidak sering nyanyi di cafe,” kata Hendrianto sambil terkekeh. Makanya kegiatan lomba solo song ini mendapat dukungan besar dari kaum ibu.(rilis: hms-dms)