New Challenge (NC) untuk Perubahan

oleh -400 views

Oleh:                                                              Nofi Candra                                        Senator DPD RI

PERUBAHAN adalah pindah dari posisi yang baik kepada yang lebih baik. Karena, dalam suatu perubahan terdapat proses meninggalkan kenyamanan untuk menghadapi tantangan baru.

Tantangan baru merupakan keinginan untuk berbuat untuk lebih banyak orang. Pada posisi persiapan sosial dan estafet generasi untuk melihat masa depan kaum muda beberapa tahun kedepan. Misalnya, terkait bonus demografi 2030 dan Indonesia emas 2045.

Sumatera Barat yang telah dikenal sebagai daerahnya pendiri bangsa: Hatta, Sjahrir, Tan Malaka, Agus Salim, Muhamad Yamin dan lainnya. Sprit itu dari generasi ke generasi terus diperkenalkan kepada kaum muda.

Mereka menjadi tokoh-tokoh besar bagi republik ini karena telah melewati tantangan sosial, budaya, wilayah dan dinamika intelektual (tempat baru).

Tempaan kawah candradimuka zaman pergerakan mengharuskan mereka hidup dengan berbagai kondisi. Akhrinya proses mengantarkan mereka sebagai orang besar yang berani meningalkan kenyamanan dengan melahirkan pencerahan baru untuk lebih banyak orang.

Sprit tersebut harus jadi pegangan bagi kaum muda saat ini. Sebab, tantangan Indonesa kedepan semakin besar dalam percaturan dunia. Negara-negara dunia bukan lagi bicara tentang sumber daya alam, tetapi teknologi, energi terbarukan dan pangan.

Tantangan-tantangan itu lah yang harus kita persiapkan dari sekarang dengan keberadaan dan keikhlasn untuk meningglakan kenyaman agar terciptanya kemajuan bersama umat, bangsa dan negara.(analisa)