Oryol-Sumbar Resmi Sister Province

oleh -98 views
Sumbar dan Oryol resmi menjadi Sister Province, Gubernur Irwan Prayitno teken perjanjian tersebut di Moskwa Rusia. (foto: dok/humas-sumbar)

Rusia,—Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayotno kesampingkan anggapan banyak orang soal kunjugannya ke luar negeri.

Mungkin alasan bagi Irwan Prayitno jika ada peluang masuknya investasi dan untuk sejahterakan rakyat Sumbsr, pasti dijajakinya.

Seperti kemarin, Irwan Prayitno membuka peluang kerjasama dua sisi antara Provinsi Sumbar dengan Provinsi Oryol, Rusia, bahkan melangkah maju denhan penandatanganan kesepakatan “Sister Province”

Kesepakatan “sister province” akan mempermudah hubungan kerjasama untuk dua belah pihak di antaranya di bidang pendidikan, pariwisata, argo industri, perdagangan, energi dan kelautan perikanan.

Program Sister Province adalah kesempatan besar untuk dua belah pihak mengembangkan kerjasama berbagai bidang. Tidak saja pengusaha, perguruan tinggi juga bisa memanfaatkan momentum ini.

Kegiatan Gubernur Irwan Prayitno di Rusia hingga 4 Agustus 2019 didampingi Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kementerian Dalam Negeri, Dr. Nelson Simanjuntak dan delegasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dibidang Investasi dan Kerjasama.

Gubenur Sumbar Irwan Prayitno menjadi pembicara pada forum Indonesia-Rusia Business. (foto: dok/ humas-sumbar)

Kegiatan ini sekaligus untuk memenuhi undangan dari KBRI Moscow yang telah lama diagendakan. Dari rilis Humas Setdaprov Sumbar, ada beberapa kegiatan penting lain diikuti Irwan Prayitno selama di negeri Beruang Merah itu. Selain “sister province”, juga menghadiri dan jadi pembicara pada kegiatan Indonesia – Rusia Business Forum dengan tema “Towards Indonesia – Rusia Strategic Partnership : Bridging Fruitfull Collaboration Tourism, Trade and Investment.

Suasana pertemuan forum bisnis Indonesia-Rusia dihadiri Gubernur Sunbar, DIY, Aceh dan Jawa Tengah. (foto: dok/humas-sumbar)

Kegiatan itu dihadiri oleh perusahaan- perusahaan besar di berbagai bidang yang ada di Rusia bersama 4 ( empat ) gubernur lainnya diantaranya Aceh, Jawa tengan dan DIY.

Salah satu perusahaan bidang energi yaitu Fresvale akan menyampaikan paparan terkait Waste Management and Smart City kepada Kepala Daerah yang hadir.

Kemudian “One on one Metting” Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumbar dengan beberapa perusahaan Rusia yang bergerak di Bidang Energi dan Pariwisata.

Lalu ada pula kerjasama bidang Pendidikan dengan Universitas yang ada di Rusia untuk pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Sumatera Barat.

“Kita memastikan bahwa kunjungan gubernur itu akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan Sumbar ke depan,”ujar Kepala Biro Humas Sumbar Jasman Rizal lewat ris diterima media ini, Kamis 1/8. (rilis: humas-sumbar)

BIRO HUMAS SETDAPROV SUMBAR