Panampuang Tanam 10 Ribu Pohon

oleh -151 views
Aksi tanam pohon di Panampuang, 10 ribu bibit ditanam di dua bagari bakti seorang kolonel yang bertugas di Kemenhan kepada kampung halaman, Minggu 2/7 (foto: dok/tr)

Padang,—-Gerakan penghijauan penanaman pohon secara massal, dilakukan Nagari Panampuang Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam,

Aksi tanam pohon di dua Jorong, yakni Jorong Lundang dan Jorong Sei Beringin, gerakan tanam pohon untuk penghijauan ini dikemas dengan tema Membangun Kampuang Halaman dengan Penghijauan, Menanam 10.000 batang Pohon.

Aksi diinisiasi oleh Anak Nagari Panampuang Kolonel (Inf) Aufit Chaniago, bekerja sama dengan TNI, POLRI dan Kementrian Pertahanan.

Aufit Chaniago yang merupakan putra kelahiran Jorong Lundang Nagari Panampuang ini, dalam sambutannya menyampaikan bahwa penamanman 10.000 batang pohon ini adalah janjinya kepada kampung halaman.

”Saya ingin bangun kampung halaman salah satunya dengan penanamam pohon ini, serta bertujuan untuk melestarikan alam, mencegah polusi udara dan memproteksi potensi sumber mata air,”ujar kolonel yang saat ini bertugas di Kementrian Pertahanan RI.

Tema ” Membangun Kampuang Halaman dengan Penghijauan” ini diapresiasi Bupati Agam Indra Catri yang ikut hadir dalam kegiatan ini.

Bupati Agam mengapresiasi apa yang dilakukan Anak Nagari Panampuang yang telah menunjukkan kepedulian ke kampung halaman dan alam.

“Ini termasuk salah satu langkah untuk mendukung program Agam Menyemai yang telah kita canangkan di Pemerintah Daerah Kabupaten Agam,”ujar Indra Catri dari bisik warga menyebut Cawagub Sumbar berpasangan dengan Nasrul Abit pada Pilkada mendatang.

Gerakan penghijauan ini secara simbolis dimulai dengan penanaman bibit pohon durian oleh Bupati Agam, dan kemudiaan diiringi oleh tamu dan masyarakat di sepanjang jalan penghubung Jorong Lundang ke Jorong Sei Beringin, dan selebihnya dibagikan ke Masyarakat yang hadir. Adapun jenis bibit pohon yang ditanam, meliputi durian, pinang dan mahoni dengan total sebanyak 10.000 batang pohon.(rilis: pdmpng/tr)